Anggota DPR Termuda dan Tertua Pimpin Pelantikan di Parlemen

CNN Indonesia | Selasa, 01/10/2019 10:14 WIB
Anggota DPR Termuda dan Tertua Pimpin Pelantikan di Parlemen Ruang Rapat Paripurna tenpat pelantikan anggota MPR, DPR, DPD, di Senayan, Jakarta, Selasa (1/1 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota DPR Hillary Brigitta Lasut (23) dari Fraksi Partai NasDem dan Abdul Wahab Dalimunthe (80) dari Fraksi Partai Demokrat terpilih menjadi pimpinan sidang peresmian dan pengucapan sumpah/janji anggota DPR periode 2019-2024 dalam Sidang Paripurna DPR, Selasa (1/10).

Diketahui, pimpinan sementara DPR RI untuk memimpin Rapat Paripurna pelantikan anggota ditetapkan berdasarkan anggota tertua dan termuda. Hal itu tertuang dalam Undang-undang Nomor 2 tahun 2018 tentang MD3.

"Kami umumkan pimpinan sementara DPR RI sebagai berikut. Ketua sementara adalah Abdul Wahab Dalimunthe, wakil ketua sementra Hillary Brigita Lasut," ujar Sekjen DPR Indra Iskandar.


Hillary Brigitta, perempuan kelahiran Manado 22 Mei 1996 itu terpilih sebagai pimpinan sementara karena memiliki usia termuda di antara 574 anggota DPR terpilih lainnya.

Kariernya di kancah politik nasional pun terbilang masih sangat baru. Hillary sendiri tak bisa dilepaskan dari sosok kedua orang tuanya yang merupakan penguasa lokal di Sulawesi. Diketahui, Hillary merupakan putri dari Bupati Kepulauan Talaud terpilih periode 2019-2024, Elly Engelbert Lasut.

Suasana jelang pelantikan anggota dewan. Artis Mulan Jameela (kedua kiri) yang lolos ke Senayan, tengah berbincang dengan rekan.Suasana jelang pelantikan anggota dewan. Artis Mulan Jameela (kedua kiri) yang lolos ke Senayan, tengah mendapat selamat dari rekannya. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Elly, Ayah Hillary, juga pernah menjabat sebagai Bupati Kepulauan Talaud selama dua periode, 2004-2009 dan 2009-2012. Sementara Ibu Hillary, Telly Tjanggulung, merupakan Bupati Minahasa Tenggara masa jabatan 2008-2013.

Pendamping Hillary, yakni Abdul Wahab, tercatat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai anggota DPR dengan usia tertua yakni 80 tahun. Wahab lahir di Rantau Prapat, 10 Januari 1939 silam.

Rekam jejak Wahab di kancah politik lokal dan nasiomal pun cukup moncer. Ia tercatat mengawali kariernya sebagai birokrat dan politikus senior di Medan, Sumatera Utara.

Ia diketahui pernah menjabat sebagai Bupati Kabupaten Tapanuli Utara tahun 1985. Kemudian kariernya melonjak menjadi Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 1998-2003.

Setelah rampung berkecimpung sebagai pemimpin lokal, Wahab pun terpilih sebagai legislator periode 2009-2014. Ia bertugas di Komisi II yang membidangi dalam negeri, kepemiluan, otonomi daerah dan agraria.

Kemudian, pada periode 2014-2019 Wahab kembali lagi ke Senayan dengan menggantikan Ruhut Sitompul melalui mekanisme Pergantian Antar Waktu (PAW).

4 Wakil Rakyat Tertua dan Termuda Pimpin MPR, DPR, DPDPolitikus senior Sabam Sirait pimpin sementara MPR dan DPD, (Adhi Wicaksono)
Selain itu, Sekjen DPD dan Sekjen MPR turut memilih pimpinan sementara yang memimpin rapat paripurna pelantikan anggota DPD dan MPR.Selain itu, Sekjen DPD dan Sekjen MPR turut memilih pimpinan sementara yang memimpin rapat paripurna pelantikan anggota DPD dan MPR.

Untuk DPD, Ketua Sementara dipimpin oleh legislator bernama Sabam Sirait. Sabam sendiri merupakan anggota DPD yang berasal dari daerah pemilihan DKI Jakarta. Saat ini, Pria kelahiran Tanjung Balai itu berusia 82 tahun.

Sementara itu, wakil ketua sementara DPD akan diisi oleh Jialyka Maharani. Perempuan kelahiran Palembang 1997 itu kini masih berusia 22 tahun.

Sabam dan Jialyka juga dipilih sebagai pimpinan sementara MPR. Sekjen MPR menyebut kedua legislator itu merupakan anggota yang tertua dan termuda dibandingkan 711 anggota MPR, yang merupakan gabungan dari DPR dan DPD, lainnya.

(rzr/arh)