Cerita Keluarga Anggota Dewan Melawan Takut ke Senayan

CNN Indonesia | Selasa, 01/10/2019 10:53 WIB
Cerita Keluarga Anggota Dewan Melawan Takut ke Senayan Keluarga anggota dewan meramaikan pelantikan di kompleks parlemen. (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) periode 2019-2024 dan keluarganya menyemut di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (2/10).

Walau sempat diselimuti rasa takut, keluarga anggota dewan ini sudah duduk di sudut-sudut pelataran menunggu Sidang Paripurna pelantikan anggota dewan.

Ketakutan mereka muncul setelah melihat perkembangan situasi yang terjadi di sekitar Gedung MPR/DPR/DPD dalam sepekan terakhir, di mana aksi unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa dan sejumlah mahasiswa selalu berakhir ricuh.


Anggota keluarga anggota DPR Dede Indra Permana, Bayu Kurniawan, mengakui memiliki rasa takut tersebut. Ia mengatakan keluarga pun mencoba berangkat lebih pagi dari lokasi penginapan demi menghindari situasi yang tidak diinginkan.

"Ada takut sih cuma kita berangkat pagi hindari demonstrasi," kata Bayu kepada CNNIndonesia.com, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (1/10).

[Gambas:Video CNN]
Meski sudah berangkat lebih pagi, lanjutnya, pihaknya tak bisa menghindari arus lalu lintas macet dan baru tiba di Gedung MPR/DPR/DPD usai menempuh perjalanan selama satu jam dari kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

"Hotel di Kuningan, berangkat 05.30 WIB. Sampai sini hampir satu jam karena sudah macet," katanya.

Sementara itu, anggota keluarga anggota DPR terpilih Muhammad Toha, Giarno, juga mengaku sempat waswas sebelum berangkat menuju ke Gedung MPR/DPR/DPD.

Dia pun mengaku berangkat dari rumah dinas Toha di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan sekitar pukul 05.00 WIB.

"Waswas tapi akses macet, tadi jam 06.00 sudah masuk," katanya.

Pelantikan anggota DPR, DPD, dan MPR itu dilakukan di Ruang rapat paripurna I Gedung 'Kura-kura' MPR, Kompleks Parlemen, Jakarta.

(mts/arh)