136 Anggota DPD 2019-2024 Resmi Dilantik

CNN Indonesia | Selasa, 01/10/2019 11:14 WIB
136 Anggota DPD 2019-2024 Resmi Dilantik Pelantikan anggota dewan periode 2019-2024. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 136 Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 resmi dilantik pada hari hari ini di Gedung 'Kura-kura', Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (1/9). Mereka akan bekerja untuk periode 2019-2024.

Satu per satu anggota DPD RI dan para undangan yang masih berada di luar ruangan berduyun-duyun memasuki gedung yang sudah dibangun sejak tahun 1965 itu. Mereka langsung menempati posisi duduknya masing-masing untuk mengikuti prosesi pelantikan.

Prosesi pelantikan diawali oleh pembacaan Keputusan Presiden Nomor 98/P/2019 tentang peresmian Pengangkatan Keanggotaan MPR/DPR/DPD periode 2019-2024 oleh Sekretaris Jenderal DPD Reydonnyzar Moenek.


Setelah itu, Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali pun mengambil tempat di atas podium pimpinan. Sejumlah perwakilan anggota DPD maju berjejer ke depan dekat podium sidang.


Masing-masing tokoh agama lantas mengambil tempat berdiri di samping para perwakilan anggota DPD RI terpilih itu dengan membawa kitab suci. Para anggota DPD RI pun disumpah. Para legislator baru itu mengucapkan janji dan sumpah menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

"Saudara wajib bersumpah atau berjanji menurut agama dan kepercayaan saudara masing-masing apakah saudara-saudara bersedia disumpah atau dijanji menurut agama dan kepercayaan masing-masing?" tanya Hatta kepada anggota DPD RI baru itu.

Mendengar pertanyaan itu, seluruh anggota DPD RI baru itu menyatakan kesediaannya.

"Bersedia," ujar anggota DPD RI itu serempak.

Setelah itu, Hatta pun memandu sumpah secara perlahan-lahan agar bisa diikuti para wakil rakyat.

"Demi Allah (Tuhan) saya bersumpah: bahwa saya, akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota DPD RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan; bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia".


Setelah itu, prosesi kemudian dilanjutkan oleh penandatangan Berita Acara Sumpah/Janji Anggota DPD RI secara simbolis yang disaksikan Ketua MA. Para anggota DPD RI masa jabatan 2019-2024 pun akhirnya resmi dilantik.

Di antara seluruh anggota DPD RI tersebut, yang diketahui memperoleh suara terbanyak ialah komedian Oni Suwarman atau yang akrab disapa Oni SOS dengan jumlah 4.132.681 suara dari daerah pemilihan Jawa Barat.

Sementara anggota DPD RI tertua dipegang Sabam Sirait dengan usia 82 tahun dari daerah pemilihan DKI Jakarta, sementara anggota DPD RI termuda Jialyka Maharani dengn usia 22 tahun dari daerah pemilihan Sumatera Selatan.


Sedangkan nama Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas tercatat merupakan anggota DPD RI terlama dengan masa jabatan empat periode sejak (2004-2009) dan dilantik kembali unuk periode 2019-2024.

Artis Maya Rumantir yang dikenal penyanyi dan Oni Suwarman yang juga komedian merupakan anggota DPD RI yang kembali terpilih pada periode 2019-2024 kali ini. Dari keseluruhan anggota DPD RI yang dilantik, tercatat 42 di antaranya berjenis kelamin perempuan.

[Gambas:Video CNN] (mts/DAL)