Gelar Aksi, Mahasiswa Bagikan Bunga untuk Polisi di Dekat DPR

CNN Indonesia | Selasa, 01/10/2019 14:04 WIB
Gelar Aksi, Mahasiswa Bagikan Bunga untuk Polisi di Dekat DPR Mahasiswa menggelar aksi damai bertepatan dengan hari pelantikan anggota DPR baru. (CNN Indonesia/ Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah mahasiswa kembali berkumpul di depan Gedung TVRI di dekat Gerbang Pemuda di kawasan Senayan, Selasa (1/10), bertepatan dengan pelantikan anggota DPR periode 2019-2024.

Berbeda dengan aksi-aksi sebelumnya, sejumlah mahasiswa dari empat kampus tersebut berlangsung damai. Pantauan CNNIndonesia.com, selain berorasi secara damai, para mahasiswa membagikan bunga untuk para polisi yang mengawal aksi mereka.

"Bunga ini kami bagikan sebagai tanda bahwa mahasiswa bisa aksi secara damai, tak ada permusuhan dengan polisi," kata salah satu mahasiswa dalam orasinya.


Selain orasi, mahasiswa juga membawa sejumlah alat peraga demonstrasi seperti spanduk, bendera. Bunga-bunga dibagikan kepada polisi yang mereka temui.
Pantauan sepanjang aksi, ada sekitar empat universitas yang ikut dalam aksi massa di depan gedung Kemenpora. Tiga di antaranya mereka dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Kampus Yarsi, serta Politeknik STMI Jakarta.
Gelar Aksi, Mahasiswa Bagikan Bunga untuk Polisi di Dekat DPRMahasiswa menggelar aksi damai di dekat TVRI. (CNN Indonesia/ Tiara Sutari)

Saat ini para mahasiswa tersebut tengah membuat border untuk menghalangi adanya penyusup dalam aksi yang mereka gelar kali ini.

Rencananya para mahasiswa ini juga akan melakukan long march ke depan Gedung DPR untuk menyampaikan aspirasi mereka kepada anggota DPR periode 2019-2024 yang baru saja dilantik hari ini.
[Gambas:Video CNN]
"Tuntutan kami, pertama tuntaskan reformasi, agar para anggota DPR bekerja dengan benar untuk rakyat," kata salah satu mahasiswa.

DPR diketahui baru saja menerima 'penghuni baru' untuk periode 2019-2024.

Sebanyak 575 Anggota DPR RI hasil Pemilu 2019 sah dilantik pada hari ini di Gedung 'Kura-kura', Kompleks MPR/DPR. Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 98/P/2019 tentang peresmian anggota DPR periode 2019-2024 oleh Sekjen DPR Indra Iskandar.

Setelah itu, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali pun mengambil tempat di sisi podium. Sejumlah perwakilan anggota DPR maju ke depan podium sidang. Masing-masing tokoh agama lantas mengambil tempat berdiri di samping para perwakilan anggota DPR terpilih itu dengan membawa kitab suci. Proses pengambilan sumpah hingga pelantikan berlangsung lancar.
(tst/ain)