Jazuli Juwaini Kembali Pimpin Fraksi PKS DPR

CNN Indonesia | Selasa, 01/10/2019 19:56 WIB
Jazuli Juwaini Kembali Pimpin Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini kembali menjadi ketua Fraksi PKS di DPR periode 2019-2024. (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) secara resmi selesai menetapkan susunan pimpinan fraksi PKS di DPR RI untuk masa jabatan periode 2019-2024.

Keputusan itu tertera dalam Surat Keputusan DPP PKS No 177 dan 178 yang ditandatangani oleh Presiden PKS Sohibul Iman dan Sekretaris Jenderal PKS Mustafa Kamal.

Tak banyak perubahan berarti dalam struktur pimpinan FPKS di DPR RI tersebut. Terlihat, nama Jazuli Juwaini terpilih kembali sebagai Ketua Fraksi PKS DPR untuk Periode 2019-2024.


"Saya ditugasi jadi ketua fraksi [PKS] kembali pada periode ini. mudah-mudahan ke depan fraksi PKS makin lebih baik dan lebih nyata perjuangannya di parlemen," kata Jazuli kepada wartawan di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Selasa (1/10).

Lebih lanjut, Jazuli menegaskan PKS tak akan bergabung dengan pemerintahan Jokowi. Ia menyatakan PKS akam menjadi kekuatan penyeimbang bagi pemerintah agar terbentuk sistem pengawasan yang efektif di parlemen.
Jazuli menegaskan PKS akan mengkritisi dan menolak pelbagai program pemerintah yang tak berpihak pada kesejahteraan masyarakat.

"Fraksi PKS akan terus kritisi dan tolak kebijakan pemerintah tentang penaikan harga-harga TDL, bahan bakar, sembako, iuran BPJS, dan lainnya. Juga tolak kebijakan importasi yang ugal-ugalan serta utang pemerintah yang kian membengkak, termasuk menolak kebijakan investasi asing tapi dengan mematikan sumber daya dan potensi nasional," kata Jazuli.

HNW kandidat pimpinan MPR

Jazuli juga menyebut nama Hidayat Nur Wahid menjadi salah satu kandidat kuat untuk mengisi satu slot kursi pimpinan MPR RI periode 2019-2024 dari PKS.

"Bisa jadi, salah satu kandidatnya bisa jadi Pak Hidayat Nur Wahid," kata Jazuli.
Hidayat Nur Wahid. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)

Meski begitu, Jazuli menyatakan sampai saat ini belum ada keputusan resmi terkait nama definitif untuk mengisi kursi pimpinan MPR dari PKS tersebut. Ia menyatakan keputusan keputusan tersebut merupakan kewenangan Ketua Dewan Syuro dan Presiden PKS.

"Yang jelas buat kami di FPKS sesuai visi kami di fraksi PKS DPR RI kita harus jadi yang terdepan dalam perjuangkan kepentingan rakyat untuk mewujudkan bangsa dan negara," kata dia.

Lebih lanjut, Jazuli menyatakan PKS paling lambat akan memutuskan satu nama kader definitif untuk mengisi kursi pimpinan MPR hari ini. Sebab, kata dia, MPR akan menggelar sidang paripurna pemilihan kursi pimpinan pada esok, Rabu (2/10).

"Minimal harus sudah definitif besok hari. mudah-mudahan besok sudah bisa definitif siapa pimpinan MPR dari PKS," tambah dia.
[Gambas:Video CNN]
Di tempat yang sama, Hidayat Nur Wahid turut mengkonfirmasi bahwa PKS sampai saat ini belum memunculkan satu nama definitif untuk mengisi kursi pimpinan MPR. Ia menyatakan bahwa pimpinan PKS sendiri sudah mengantongi nama-nama yang akan menjadi pimpinan MPR tersebut.

"Pastinya sudah ada, pastinya sudah ada. Tapi kan namanya juga itu-itu aja. Maksudnya itu kan kami cuman 50, ya 50 itulah semuanya mempunyai kans untuk menjadi wakil ketua MPR dari PKS," kata Hidayat.

Lebih lanjut, Hidayat mengaku lebih senang bila ada kader PKS lainnya yang dicalonkan sebagai pimpinan MPR ketimbang dirinya. Ia menyatakan PKS akan berkembang sebagai partai kader bila regenerasi kepemimpinan terus dilanjutkan.

Berdasarkan dokumen resmi yang diterima CNNIndonesia.com, berikut adalah susunan Pimpinan Fraksi PKS DPR RI periode 2019-2024 :

Ketua: Jazuli Juwaini
Wakil Ketua Bidang Politik Hukum dan Keamanan: Sukamta
Wakil Ketua Bidang Industri dan Pembangunan: Mulyanto
Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Rakyat: Netty Prasetiyani
Wakil Ketua Bidang Ekonomi dan Keuangan: Ecky Awal Mucharam
Wakil Ketua Bidang Kinerja: Adang Daradjatun
Sekretaris Fraksi DPR RI: Ledia Hanifa
Bendahara Fraksi DPR RI: Aboe Bakar Alhabsyi
(rzr/ain)