PKB Usulkan Cak Imin Calon Wakil Ketua DPR

CNN Indonesia | Selasa, 01/10/2019 18:06 WIB
PKB Usulkan Cak Imin Calon Wakil Ketua DPR Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara resmi mengusulkan nama Ketua Umumnya, Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai wakil ketua DPR RI Periode 2019-2024. Hal itu diutarakan oleh Ketua Bidang Hukum dan Perundang-undangan DPP PKB, Cucun Ahmad Syamsurijal.

Cucun mengatakan keputusan mencalonkan Cak Imin atau Gus Ami itu diambil dalam rapat DPP PKB yang dihelat pada hari ini, Selasa (1/10)

"Bahwa hasil keputusan DPP bersama fraksi PKB, Gus Ami [sapaan akrab Cak Imin] diharapkan mewakili PKB di [pimpinan] DPR," kata Cucun saat dihubungi wartawan, Selasa (1/10).


Cucun menjelaskan alasan utama pencalonan Cak Imin itu tak lepas dari keinginan PKB untuk terus berkontribusi maksimal di DPR. Ia menyatakan DPR memiliki kebijakan dan tata kelola yang sudah bagus selama lima tahun ke belakang.

"Kita ingin jadi bagian daripada keputusan dan kebijakan-kebijakan DPR, kan yang sudah bagus dan punya tata kelola segala macam yang baik selama ini," kata dia.
Cucun sendiri memastikan bahwa Cak Imin akan turut dilantik bersama empat pimpinan DPR lainnya dalam rapat paripurna malam ini.

"[Cak Imin] akan dilantik malam ini betul," kata dia.

Anggota DPR, DPD dan MPR hasil Pemilu 2019 dilantik pada hari ini, Selasa (1/10). Selain itu, pimpinan DPR periode 2019-2024 juga akan diangkat.

Ketua DPR bakal diisi oleh Puan Maharani, Mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang merupakan politisi PDI Perjuangan. Kemudian, Golkar mengusulkan Aziz Syamsudin sebagai pimpinan. Diikuti Gerindra yang mengusulkan Sufmi Dasco Ahmad serta NasDem yang mengusulkan Rahmat Gobel.

Sesuai UU MD3 yang baru, lima pimpinan DPR periode 2019-2024 dipilih berdasarkan partai dengan suara terbanyak di Pemilu 2019. Lima partai yang mendapat suara terbanyak adalah PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, PKB, NasDem.
[Gambas:Video CNN]
(rzr/bmw)