Soal Program Kerja, Krisdayanti Soroti Pernikahan Dini

CNN Indonesia | Rabu, 02/10/2019 18:26 WIB
Soal Program Kerja, Krisdayanti Soroti Pernikahan Dini Penyanyi Krisdayanti mengutamakan untuk menyerap aspirasi di dapil. (CNN Indonesia/ Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota DPR dari Fraksi PDIP Krisdayanti alias KD menyoroti masalah pernikahan dini dan mengutamakan penyerapan aspirasi masyarakat.

Hal itu dikatakannya terkait program 100 hari di dewan setelah resmi dilantik sebagai anggota DPR Periode 2019-2024. Krisdayanti sendiri lolos ke Senayan setelah terpilih di daeah pemilihan (dapil) Jawa Timur V.

KD menyebut warga di dapilnya banyak sekali perempuan yang menikah di bawah batas usia. Misalnya, kata dia, masih banyak perempuan yang menikah saat masih berusia belia, yakni 17 hingga 18 tahun.


Menurutnya, pengetahuan warga soal pernikahan dini memang terbatas. Lantaran itu, dia berniat untuk memberikan edukasi kepada para perempuan di dapilnya soal cara mendapat kualitas pangan yang baik.

"Batas married itu kan di usia 19 tapi mereka ada di 17, 18, jadi mereka diberikan edukasi untuk tahu untuk mendapat kualitas pangan yang baik seperti apa," kata KD, di Kompleks DPR/MPR, Jakarta, Rabu (2/10).

Soal Program Kerja, Krisdayanti Soroti Pernikahan DiniFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
Meski begitu, KD tak menjelaskan secara rinci soal kaitan antara kualitas pangan dengan pernikahan dini serta soal edukasinya.

Diketahui, UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan mengatur batas usia perkawinan laki-laki adalah 19 tahun, sementara perempuan adalah 16 tahun.

Pada 16 September, DPR mengesahkan revisi UU Perkawinan, dengan salah satu poinnya adalah perubahan ketentuan batas usia pernikahan menjadi 19 tahun baik untuk laki-laki ataupun perempuan. Hal itu menyesuaikan dengan putusan uji materi Mahkamah Konstitusi (MK).

KD melanjutkan bahwa banyak warga di dapilnya mengalami gangguan pertumbuhan atau stunting.

Pada intinya, kata dia, hal utama yang tetap harus dilakukan adalah menyerap segala aspirasi masyarakat di dapil.

"Saya melihat, saya tetap harus mengutamakan menyerap aspirasi masyarakat di Dapil saya," kata Krisdayanti.

Kursi kosong kerap mewarnai sidang-sidang di DPR, bahkan parlemen yang baru dilantik kemarin.Kursi kosong kerap mewarnai sidang-sidang di DPR, bahkan parlemen yang baru dilantik kemarin. (CNN Indonesia/ Ramadhan Rizki Saputra)
Kedisiplinan

Tak hanya soal dapil, KD mengaku punya banyak program kerja di DPR. Salah satunya ialah membenahi kinerja DPR dan melanjutkan tugas-tugas yang tak terselesaikan dari DPR periode sebelumnya.

Dia juga berniat akan menyusun segala "legislasi yang rasional dan realistis" dari sudut pandangnya.

"Juga mereformasi kelembagaan. Tentunya enggak bisa sendiri ya karena meningkatkan kualitas kerja dan performa kedewanan itu kan kembali harus dimulai dari diri kita sendiri. Salah satunya disiplin tepat waktu dan saya juga ingin mengkaji kembali RUU," kata KD.

Ia tak menjelaskan lebih lanjut soal RUU yang mana yang ingin dia kaji kembali. Pelantun lagu 'Mencintaimu' itu kemudian terburu-buru memasuki ruangan rapat paripurna.

Sebelumnya, netizen memang banyak memberi perhatian kepada sejumlah selebritas yang lolos menjadi anggota 2019-2024. Sebagian besar juga tertuju pada Krisdayanti dan Mulan Jameela.

Netizen masih menyangsikan kemampuan kedua artis tersebut menjadi anggota dewan meski berhasil mendulang suara di Pemilu 2019.
[Gambas:Video CNN]

(tst/arh)