Soal MPR, Gerindra Tak Mau Pemenang Pemilu Raup Semua Jabatan

CNN Indonesia | Kamis, 03/10/2019 15:47 WIB
Gerindra mengajukan nama Ahmad Muzani untuk bersaing dengan calon dari Golkar, Bambang Soesatyo yang juga didukung partai pemenang pemilu, PDIP. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco menegaskan partainya siap hadapi voting untuk merebut kursi ketua MPR. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Gerindra menyatakan siap menghadapi voting atau pemungutan suara dalam pemilihan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pihaknya akan tetap maju mencalonkan kader Gerindra sebagai Ketua MPR, meskipun Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sudah menyatakan dukungan terhadap calon dari Partai Golkar, Bambang Soesatyo.

"Kami tetap akan maju, walaupun voting kami akan maju," kata Dasco lewat pesan singkat kepada wartawan, Kamis (3/10).


Wakil Ketua DPR RI itu pun mengatakan bahwa wajar bila Gerindra menduduki kursi Ketua MPR. Menurut Dasco, hal ini demi menghindari situasi partai politik pemenang Pemilu menduduki semua jabatan.

"Demi menghindari situasi the winner takes it all, maka yang layak mendapatkan kursi Ketua MPR adalah Gerindra," kata dia.


Dasco menambahkan bahwa rujukan paling tepat dalam teori Pemilu untuk menghitung eksistensi partai di mata rakyat adalah jumlah suara dan bukan jumlah kursi di parlemen.

Berangkat dari itu, dia berkata bahwa Gerindra adalah partai politik peraih suara terbanyak kedua, sementara Golkar adalah partai politik peraih kursi parlemen terbanyak kedua pada Pemilu 2019 lalu.

"Demi menjaga keseimbangan politik serta cerminan permusyawaratan perwakilan, sangat wajar kami mengikuti konvensi yang pernah ada bahwa partai rival pemenang diberikan kehormatan yang layak untuk menduduki kursi Ketua MPR," tuturnya.


Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menyatakan partainya secara resmi mendukung Bamsoet dari Fraksi Partai Golkar sebagai calon Ketua MPR periode 2019-2024. Keputusan itu diambil sesuai arahan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri

"Partai kami akan mendukung Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar sebagai calon Ketua MPR," kata Basarah dalam keterangan resminya, Selasa (2/10).

Sejauh ini, Gerindra mencalonkan nama kadernya yang merupakan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani untuk duduk di kursi Ketua MPR periode 2019-2024.

Satu nama lain juga muncul dan telah menyatakan siap bersaing untuk perebutan kursi Ketua MPR. Ia adalah perwakilan dari unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Fadel Muhammad.

[Gambas:Video CNN] (mts/DAL)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK