DPD Resmi Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR

CNN Indonesia | Kamis, 03/10/2019 17:56 WIB
DPD resmi mendukung Bambang Soesatyo menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024. DPD menilai Golkar berkomitmen membangun kemitraan. DPD resmi dukung Bamsoet jadi Ketua MPR RI. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dewan Perwakilan Daerah (DPD) resmi mendukung Bambang Soesatyo (Bamsoet) menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024.

"Kami DPD menyatakan dukungan kepada Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR," kata Ketua Unsur DPD di MPR Intsiawati Ayus kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Kamis (3/10).

Dia menerangkan dukungan DPD terhadap Bamsoet ini lebih kepada komitmen dengan Partai Golkar, di mana DPD ingin mempertajam kemitraan antarlembaga untuk legislasi dan aspirasi.


"Kalau saya nyatakan tadi dukungan khusus kepada Golkar itu tidak lebih kami ingin mempertajam lagi kemitraan antarlembaga dalam kinerja, karena kinerja di parlemen ini untuk legislasi dan aspirasi," ujarnya.


Proses pemilihan Ketua MPR sendiri masih berlangsung alot hingga saat ini. Sekretaris Fraksi Partai NasDem Di MPR Johnny G Plate menyatakan tinggal Gerindra yang masih berbeda pilihan terkait sosok yang akan menduduki Ketua MPR.

Johnny berkata, Gerindra masih menginginkan nama kadernya Ahmad Muzani menjadi Ketua MPR periode 2019-2024. Hal itu membuat proses pemilihan MPR tidak bisa dilakukan secara musyawarah mufakat hingga saat ini.

"Dari 10, delapannya sudah solid (dukung Bamsoet). Tinggal DPD juga mendukung Bamsoet, tetapi perlu konfirmasi dan sekarang diberikan kesempatan satu jam untuk mendapatkan rekomendasi, Gerindra yang masih mendukung Muzani sebagai calon ketua," kata Johnny kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Kamis (3/10).

[Gambas:Video CNN] (mts/DAL)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK