Pantau Situasi, Panglima TNI Bakal Kunjungi Wamena Senin

CNN Indonesia | Minggu, 06/10/2019 05:51 WIB
Pantau Situasi, Panglima TNI Bakal Kunjungi Wamena Senin Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan bakal mengunjungi Wamena, Papua, pada Senin (7/10) mendatang. Hadi menuturkan akan ke Wamena bersama Menko Polhukam Wiranto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Sosial Agus Gumiwang, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri PUPR Budi Hadimuljono.

"Besok tanggal 7 Menko Polhukam, Panglima, Kapolri, Mensos, Menkes, Kementerian BUMN dan PUPR akan langsung ke lapangan, ke Wamena," kata Hadi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10).
Hadi mengungkapkan pihaknya telah menerima berbagai data tentang kondisi di Wamena saat ini. Menurutnya, masyarakat berharap agar aktivitas pendidikan di sana bisa terus berjalan.

"Dari informasi yang kita peroleh bahwa mulai hari Senin pendidikan sudah normal kembali," ujarnya.


Kemudian, terkait dengan logistik, bantuan kesehatan hingga dapur lapangan di Wamena, dikatakan Hadi berjalan dengan baik.
"Khusus di Wamena ada 3.800 pengungsi yang ada di Wamena yang ikut di Kodim, Koramil, dan Polsek," ucap Hadi.

Disampaikan Hadi, sampai saat ini personel TNI masih diterjunkan di Wamena untuk mendukung tugas Polri di sana.

[Gambas:Video CNN]
Keberadaan personel TNI juga untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa stabilitas keamanan terus terjaga.

Kerusuhan di Wamena kembali pecah pada 23 September lalu. Fasilitas publik, gedung, dan rumah warga hancur dalam kerusuhan ini.

Versi pemerintah kerusuhan Wamena telah merenggut 33 nyawa dan mengakibatkan 72 orang luka-luka, serta ribuan orang mengungsi.

Hadi berharap setelah kunjungan pada Senin (7/10) mendatang, stabilitas keamanan di Wamena bisa diwujudkan sehingga aktivitas masyarakat bisa kembali normal. (dis/wis)