Polisi Sebut Tak Perlu Dokter dari Luar Bui untuk Surya Anta

CNN Indonesia | Selasa, 08/10/2019 16:34 WIB
Polisi Sebut Tak Perlu Dokter dari Luar Bui untuk Surya Anta Juru bicara Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI-WP) Surya Anta dikabarkan sakit. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian menilai Juru bicara Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI-WPSurya Anta yang ditahan karena dugaan kasus makar belum perlu mendapatkan pengobatan dari luar bui terkait penyakitnya. Mereka mengklaim Surya Anta sudah dalam kondisi yang sehat. 

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Asep Adi Saputra mengatakan Surya sudah ditangani oleh kepolisian dan kondisinya sudah membaik saat ini. 

"Saudara Anta beberapa waktu lalu sakit dan sudah diobati tim kesehatan Polri," ujarnya di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (8/10).


Asep tak menampik soal pihaknya yang menolak ajuan pengobatan Surya dari tim kuasa hukum. Namun menurut dia, tim kedokteran dan kesehatan (dokkes) kepolisian masih mampu untuk menangani penyakit yang dialami Surya. 

"Dan sampai hari ini tim dokkes kita bisa menangani. Jadi belum dipandang perlu berobat keluar karena tim dokkes kita juga sudah dilengkapi tenaga ahli dan alat memadai," tuturnya. 


Klaim Sediakan Dokter

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengklaim pihaknya selalu menyediakan dokter untuk mengecek kondisi kesehatan para tahanan. Argo membantah Surya Anta yang ditahan di Mako Brimob, Depok itu sakit dan belum mendapat perawatan dari dokter.

"Jadi setiap tahanan yang ada di Brimob dan PMJ (Polda Metro Jaya) ada dokter yang mengecek, misal dia ada keluhan apa, tentu akan mengecek," kata Argo di Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (8/10).


Argo menambahkan jika tahanan memang membutuhkan rujukan untuk dirawat di rumah sakit, maka pihaknya bakal merujuknya ke RS Polri Kramat Jati.

"Misal nanti emang harus dirujuk, kita akan rujuk ke RS Kramat Jati," ucap Argo.

Sebelumnya, pengacara Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Nelson Simamora menyebut Surya Anta sakit pada telinga sebelah kanan hingga tak bisa mendengar.

"Surya merasa telinga sebelah kanannya sakit. Sepertinya bengkak di dalam lubang telinga. Sakit sudah sampai kepala dan susah makan. Telinga kanan sudah tidak bisa mendengar," tutur Nelson saat dihubungi CNNIndonesia.com, Sabtu (5/10).


Berdasarkan penuturan Nelson, Surya merasakan sakit sejak beberapa waktu yang lalu. Dokter yang bertugas di Mako Brimob sendiri sudah tidak bisa dihubungi petugas.

Nelson mengatakan bahwa LBH Jakarta diminta untuk mengajak dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan ke Mako Brimob. Opsi lain, LBH Jakarta juga diminta untuk mengupayakan agar Surya dirujuk ke RS Bhayangkara yang berlokasi di sebelah Mako Brimob.

Permintaan tersebut tidak diajukan oleh Mako Brimob, melainkan kuasa hukum yang belum lama menemui Surya.

"Sejauh ini polisi cuma berikan pereda rasa sakit. Surya Anta belum sembuh," ucap Nelson.

[Gambas:Video CNN] (gst/DAL)