Utusan DPD Eks Golkar Jabat Pimpinan MPR Bidang Anggaran

CNN Indonesia | Kamis, 10/10/2019 00:25 WIB
Utusan DPD Eks Golkar Jabat Pimpinan MPR Bidang Anggaran Perwakilan DPD yang juga mantan politisi Golkar Fadel Muhammad dipercaya menjabat sebagai Wakil Ketua MPR bidang penganggaran(CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua MPR dari perwakilan DPD Fadel Muhammad dipercaya mengurusi bidang penganggaran. Kepercayaan diberikan atas kesepakatan 9 fraksi partai politik dan 1 perwakilan DPD.

Hal itu diutarakan Ketua MPR yang baru Bambang Soesatyo. Fadel sendiri merupakan mantan politisi Golkar yang pernah menjadi Gubernur Gorontalo, Menteri Kelautan dan Perikanan serta anggota DPR.

Kemudian, Ahmad Basarah dari Fraksi PDIP menjabat sebagai Wakil Ketua MPR Bidang Sosialisasi Empat Pilar. Lestari Murdijat dari Fraksi NasDem menjabat sebagai Wakil Ketua MPR Bidang Penyerapan Aspirasi Masyarakat dan Daerah.


Syarief Hasan dari Fraksi Demokrat menjabat sebagai Wakil Ketua MPR Bidang Pengkajian Ketatanegaraan. Zulkifli Hasan dari Fraksi PAN menjabat sebagai Wakil Ketua MPR bidang Persidangan.
Jazilul Fawaid dari Fraksi PKB menjadi Wakil Ketua MPR Bidang Hubungan Antar Lembaga Negara. Hidayat Nur Wahid akan menjabat sebagai Wakil Ketua MPR Bidang Evaluasi Pelaksanaan Ketetapan MPR dan Arsul Sani dari PPP menjabat sebagai Wakil Ketua MPR bidang Akuntabilitas Kinerja MPR.

"Saya sendiri sebagai ketua MPR RI koordinator umum dengan tugas mengkoordinasikan seluruh pelaksanaan, wewenang, dan tugas MPR sesuai dengan UUD NKRI tahun 1945. dan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Bamsoet.
Selain membagikan tugas, pokok dan fungsi bagi 9 wakil ketua MPR, Bamsoet turut menyusun komposisi pimpinan di tiga badan MPR RI. Tiga badan itu diantaranya Badan Sosialisasi, Badan Pengkajian dan Badan Anggaran MPR.

Badan Sosialisasi MPR akan diketuai oleh salah satu anggota MPR dari Fraksi Gerindra. Guna membantu kinerja, turut dipilih empat wakil ketua yang berasal dari Fraksi Nasdem, PKS, PAN dan Kelompok DPD.

Badan Pengkajian MPR akan diketuai oleh salah satu anggota MPR dari Fraksi PDIP. Mereka nantinya akan dibantu oleh empat wakil ketua yang berasal dari Fraksi Golkar, DPD, PPP, dan Demokrat.

Badan Penganggaran MPR, Bamsoet menyebut akan diketuai oleh Fraksi Golkar. Posisi wakil akan diisi oleh anggota MPR dari fraksi PKB, DPD, Gerindra dan PDIP.
[Gambas:Video CNN] (rzr/bmw)