Pimpinan DPRD DKI Dijadwalkan untuk Dilantik Pekan Depan

CNN Indonesia | Kamis, 10/10/2019 03:55 WIB
Pimpinan DPRD DKI Dijadwalkan untuk Dilantik Pekan Depan Prasetio Edi Marsudi akan kembali menduduki jabatan Ketua DPRD DKI Jakarta. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Dewan DPRD DKI Jakarta M Yuliadi mengatakan pimpinan DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024 akan dilantik pada pekan depan.

"Jadi kita minta hari Rabu tanggal (16/10). Itu jadwal yang kami minta dan kalau Kapengti (Kepala Pengadilan Tinggi) enggak ada jadwal lagi," ucap Yuliadi saat dikonfirmasi, Rabu (9/10).

Yuliadi sebelumnya mengatakan pelantikan tadinya akan digelar pada Senin (14/10) atau Selasa (15/10). Namun, kata dia, berdasarkan informasi yang didapatkan Kapengti DKI memiliki urusan lain di hari itu sehingga pihak DPRD harus menyesuaikan.


Ia pun mengatakan pihaknya telah mendengar informasi bahwa surat keputusan (SK) dari Kementerian Dalam Negeri telah dikeluarkan pada Rabu. Namun, ia masih harus menunggu diterimanya surat tersebut secara fisik.

"Setelah dokumen itu turun, kemudian dirapatkan untuk dijadwalkan agenda pengukuhan dan pengambilan sumpah," tambahnya.

Pimpinan DPRD DKI periode 2019-2024 yang sudah disepakati adalah Prasetio Edi Marsudi dari fraksi PDIP akan menjadi Ketua DPRD. Ia menjabat kembali posisi yang pada periode 2014-2019 didudukinya tersebut.

[Gambas:Video CNN]
Sisanya adalah 4 orang wakil yakni Mohamad Taufik dari Fraksi Gerindra, Abdurrahman Suhaimi dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Misan Samsuri dari Fraksi Demokrat, dan Zita Anjani dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN).

Setelah pelantikan unsur pimpinan DPRD DKI, langkah selanjutnya yang akan dilakukan para wakil rakyat Jakarta itu adalah menentukan posisi untuk alat kelengkapan dewan (AKD).

(ani/kid)