Gerindra Klaim Kursi Mentan, Amran Sebut Jokowi Kontrol Penuh

CNN Indonesia | Kamis, 10/10/2019 18:15 WIB
Gerindra Klaim Kursi Mentan, Amran Sebut Jokowi Kontrol Penuh Mentan Amran Sulaiman tanggapi kabar soal Partai Gerindra yang mengincar kursinya. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Surabaya, CNN Indonesia -- Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan Presiden Joko Widodo tetap mengontrol penuh kinerja para menterinya.

Hal ini dikatakannya terkait Partai Gerindra, yang merupakan partai oposisi di Pilpres 2019, yang mengincar kursi Menteri Pertanian pada kabinet Jokowi periode kedua.

Amran mencontohkan bahwa ia mengaku sering kali ditelepon Jokowi apabila ada harga kebutuhan pokok yang mengalami gejolak perubahan harga.


"Kalau harga turun kami ditelpon, harga naik kami ditelepon. Tapi kalau harga pangan bergejolak biasanya ditelpon tiga kali sehari," kata dia di Surabaya, Kamis (10/10).

Meski Jokowi mengontrol penuh, Amran menilai bahwa presiden adalah sosok yang memberi kepercayaan serta kebebasan kepada para menterinya dalam mengambil keputusan demi kebaikan masyarakat.


"Sehingga kita berdiri bebas untuk mengambil keputusan terbaik untuk rakyat Indonesia," katanya.

Terkait keinginan Gerindra, Amran mengaku tidak bisa berkomentar banyak. Pasalnya, itu merupakan hak prerogatif Presiden.

"Jangan ditanya lah bukan kewenangan. Kami ini pembantu presiden kami hanya tahu kerja. Hobi kami kerja," klaim Amran.
Terpisah, Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani mengatakan bahwa keputusan terkait partai politik mana saja yang akan mendapatkan kursi menteri, termasuk Partai Gerindra, merupakan hak prerogatif Jokowi.

"Kami tidak boleh mempermasalahkan karena itu hak prerogatif. Kami mau mempermasalahkan, kalau presidennya berkenan bagaimana? Semuanya kembali ke presiden. Kami berkenan, kalau presidennya tidak berkenan tidak terjadi juga," kata dia, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (10/10).

Wakil Ketua MPR itu pun meyakini bahwa Jokowi telah menyiapkan nama-nama yang akan menduduki kursi menteri di kabinetnya mendatang.

[Gambas:Video CNN]
Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan partainya kemungkinan akan diberikan jatah kursi Menteri Pertanian (Mentan) di kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Menurutnya, kursi Mentan kemungkinan akan diberikan bila konsep ketahanan pangan yang pernah disampaikan oleh Gerindra diterima oleh Jokowi.


(frd/mts/arh)