Demokrat Klaim AHY Bukan 'Balak Kosong'

CNN Indonesia | Sabtu, 12/10/2019 05:20 WIB
Demokrat Klaim AHY Bukan 'Balak Kosong' Politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mempromosikan AHY, pensiunan Mayor TNI. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) cocok menduduki kursi menteri yang terkait dengan bidang kepemudaan.

Menurutnya, AHY bukan sosok 'balak kosong' yang akan disodorkan bila Presiden Joko Widodo meminta Demokrat mengajukan nama kader untuk menduduki kursi menteri di kabinet mendatang. Dia berkata bahwa AHY memiliki ilmu yang sangat luas terkait bidang kepemudaan.

"Kalau bicara AHY, AHY [cocok di posisi] kepemudaan karena keilmuan dia luas sekali, tidak 'balak kosong' barang ini," kata Ferdinand kepada wartawan, Jumat (11/10).


Diketahui, 'balak kosong' merupakan salah satu jenis kartu dalam permainan domino yang memiliki nilai terendah karena tak memiliki titik. Yang terbanyak adalah balak enam, dengan jumlah total titiknya 12.

Namun begitu, Ferdinand menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi sebagai pemilik hak prerogatif dalam pemilihan menteri untuk memberi atau tidak memberi kursi menteri kepada Demokrat.

Politikus Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) baru masuk politik pada Pilkada DKI 2017, lantas menjabat Ketua Kogasma, dan loncat jadi Wakil Ketua Umum Partai Demokrat.Politikus Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) baru masuk politik pada Pilkada DKI 2017, lantas menjabat Ketua Kogasma, dan loncat jadi Wakil Ketua Umum Partai Demokrat di 2019. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Menurutnya, Demokrat akan tetap mendukung Jokowi apapun keputusan terkait kursi menteri di kabinet mendatang.

Terpisah, Ketua DPP Demokrat Jansen Sitindaon mengatakan bahwa sikap Demokrat terhadap pemerintahan mendatang sudah ditegaskan oleh Susilo Bambang Yudhoyono selaku Ketua Umum pada 9 September 2019 lalu.

Namun, dia menolak menjelaskan terkait peluang Demokrat mendapatkan kursi menteri di pemerintahan mendatang. Jansen hanya berkata bahwa Demokrat memiliki kader yang cocok dan memiliki kapasitas untuk membantu Jokowi.

"Kalau di Demokrat beliau lihat ada figur yang cocok dan punya kapasitas untuk membantu beliau lima tahun ke depan, sebagai anak bangsa tentu kita siap," tuturnya.

Sebelumnya, Jokowi mengakui salah pembicaraan dengan SBY terkait kemungkinan Demokrat gabung ke kabinet pemerintahan.

"Kita berbicara itu tapi belum sampai ke sebuah keputusan," ujar usai bertemu SBY di Istana Negara, Jakarta, Kamis (10/10).

[Gambas:Video CNN]
Terkait sosok AHY, politikus Partai Gerindra Andre Rosiade sebelumnya sempat menyebut AHY sebagai sosok 'bangsawan politik' yang tak berjuang dari bawah.

"Saya bukan bangsawan politik, tapi saya ingin mengkritik seorang 'bangsawan politik' yang saya anggap mengambil kebijakan zig-zag dan bermanuver di saat proses pemilu ini belum selesai," kata Andre, di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Jumat (17/5) malam.

Hal ini dikatakannya terkait rangkaian pertemuan AHY dengan kubu Jokowi padahal Partai Demokrat saat Pilpres 2019 mengusung Prabowo Subianto.

(mts/arh)