Prabowo Pastikan Hadiri Pelantikan Jokowi 20 Oktober

CNN Indonesia | Jumat, 11/10/2019 17:26 WIB
Prabowo Pastikan Hadiri Pelantikan Jokowi 20 Oktober Prabowo akan menghadiri pelantikan Jokowi-Maruf pada 20 Oktober mendatang. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memastikan menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin pada Minggu, 20 Oktober. Prabowo mengaku akan menerima undangan resminya dari Pimpinan MPR.

"Ya kalau diundang hadir lah. Gimana kalau diundang lurah, harus hadir dong," kata Prabowo usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10). 

Prabowo menyatakan akan menerima rombongan pimpinan MPR di kediamannya pada Jumat malam. Menurutnya, Ketua MPR Bambang Soesatyo Cs akan menyerahkan undangan pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin.


"Saya akan kedatangan rombongan MPR. Saya tanya, ada apa rombongan MPR mau ketemu saya. Katanya mau undang saya ke pelantikan presiden," ujarnya.

Prabowo mengaku tak sungkan untuk menghadiri pelantikan Jokowi, yang merupakan lawannya saat Pilpres 2019 lalu.

"Ya kita sebagai negara harus bersatu, sebagai bangsa kita harus bersatu. Kalau ada kekurangan ya kita harus selesaikan di dalam ruangan," tuturnya.

Jokowi dan Prabowo baru saja melakukan pertemuan empat mata di Ruang Jepara, Istana Merdeka, Jakarta. Pertemuan mereka berdua berlangsung sekitar hampir satu jam.

Jokowi mengatakan salah satu hal yang dibicarakan adalah kemungkinan Gerindra masuk ke dalam koalisi pemerintahan. Namun, Jokowi menyatakan pembahasan itu belum selesai.

Prabowo sendiri mengaku siap bila Gerindra dibutuhkan untuk membantu pemerintah. Meskipun demikian, kata Prabowo, Gerindra juga siap menjadi penyeimbang pemerintahan Jokowi periode kedua.
[Gambas:Video CNN] (fra/sur)