Prabowo Dukung Pemindahan Ibu Kota Usai Bertemu Jokowi

CNN Indonesia | Jumat, 11/10/2019 17:05 WIB
Prabowo Dukung Pemindahan Ibu Kota Usai Bertemu Jokowi Presiden Jokowi dalam pertemuan tertutup di Istana menjelaskan secara detail kepada Prabowo Subianto tentang pertimbangan memindahkan ibu kota RI ke Kaltim. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan mendukung rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) memindahkan ibu kota negara ke wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Hal itu disampaikan Prabowo usai bertemu dengan Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10).

"Kita berbicara (pemindahan) ibu kota. Saya menyampaikan saya mendukung, gagasan (pemindahan) ibu kota," kata Prabowo.

Prabowo menyebut dalam pembicaraan tadi, Jokowi menjelaskan rencana pemindahan ibu kota ini sudah melalui berbagai kajian. Ia mengaku akan mendukung gagasan Jokowi terkait pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke Kaltim itu.


"Beliau mengatakan akan melalui kajian-kajian yang tepat dan sudah dilaksanakan banyak kajian. Kita akan mendukung gagasan itu," ujarnya.

Sementara itu, Jokowi mengatakan dirinya menjelaskan alasan pemerintahan memindahkan ibu kota ke Kaltim kepada Prabowo. Ia mengaku menyampaikan sejumlah hasil kajian yang telah dilakukan pemerintah.

"Kami sampaikan semunya juga ke Bapak Prabowo Subianto," kata Jokowi.
[Gambas:Video CNN]
Selain masalah pemindahan ibu kota, Jokowi mengaku juga berdiskusi masalah ekonomi terkini. Presiden terpilih itu menyatakan perlu stabilitas politik dan keamanan dalam menghadapi ekonomi global yang tengah menurun.

"Memerlukan persiapan-persiapan dalam rangka memayungi agar kita tidak terpengaruh oleh sebuah penurunan ekonomi global," ujarnya.
(fra/gil)