Senyum Merekah Akhiri Pertemuan Jokowi dan Prabowo di Istana

CNN Indonesia | Jumat, 11/10/2019 18:45 WIB
Senyum Merekah Akhiri Pertemuan Jokowi dan Prabowo di Istana Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berfoto bersama wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10). (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Senyum Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto mengembang saat keduanya keluar dari Ruang Jepara, Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10).

Ini adalah pertemuan kedua mereka yang sekaligus meredakan ketegangan sejak Pilpres 2019 berakhir. Jokowi dan Prabowo sebelumnya bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus yang diakhiri santap siang di Senayan Jakarta.

Jokowi dan Prabowo kali ini menggelar pertemuan tertutup di Istana. Mereka berbincang hampir satu jam.

Usai pertemuan digelar, Jokowi dan Prabowo berjalan beriringan sembari tersenyum menuju Ruang Kredensial, Istana Merdeka, untuk menyampaikan keterangan pers kepada wartawan.


Jokowi dan Prabowo kompak sama-sama mengenakan kemeja putih lengan panjang.

Jokowi selaku tuan rumah membuka pernyataan terlebih dulu dengan mengutarakan bahwa pertemuannya dengan Prabowo membahas tiga isu utama, yakni persoalan ekonomi, pemindahan ibu kota, dan peluang Gerindra bergabung dalam koalisi pemerintah.

Khusus soal koalisi, Jokowi menyatakan belum ada keputusan akhir. Ia mengaku masih perlu membahas lebih lanjut soal kemungkinan partai besutan Prabowo itu masuk dalam koalisinya.

"Tadi sudah saya sampaikan kan masih belum final. Kalau nanti sudah final baru kita sampaikan lagi," kata Jokowi.
Senyum Merekah Akhiri Pertemuan Jokowi dan Prabowo di IstanaSenyum Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto mengembang saat keduanya keluar dari Ruang Jepara, Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10). (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)


Prabowo yang berdiri di sisi kanan Jokowi menimpali. Mantan Danjen Kopassus itu menyatakan siap membantu pemerintahan Jokowi lima tahun ke depan. Ia menyatakan selalu mengutamakan kepentingan yang besar, yakni bangsa dan negara.

"Jadi saya sampaikan ke beliau. Apabila kami diperlukan, kami siap untuk membantu," ujar Prabowo.

Meski demikian, Prabowo menyatakan jika pihaknya tak masuk kabinet Jokowi, maka Gerindra akan tetap loyal berada di luar pemerintahan untuk menjadi penyeimbang. "Kan kita di Indonesia tidak ada oposisi," tuturnya.

Usai memberikan pernyataan, Prabowo kembali menegaskan bahwa hubungannya dengan Jokowi sangat baik dan mesra.

"Hubungan saya baik, Bisa dikatakan mesra ya pak," kata Prabowo. "Sangat mesra," timpal Jokowi sembari tersenyum.

"Banyak (yang) enggak suka mungkin," ujar Prabowo seraya tertawa.
[Gambas:Video CNN]

Jokowi dan Prabowo kemudian mengakhiri sesi keterangan pers. Mereka kemudian berjalan menuju pintu keluar Istana Merdeka. Jokowi dan Prabowo berjalan berdampingan.

Baru sampai di depan pintu, mereka putar badan dan berjalan kembali ke arah wartawan. Jokowi dan Prabowo lalu bersalaman.

Kali ini, mereka tak langsung berjalan ke luar. Jokowi tiba-tiba menghampiri barisan wartawan. Ia mengambil salah satu ponsel milik pewarta.

Jokowi kemudian mengajak Prabowo untuk berswafoto dengan awak media.

Jokowi dan Prabowo berdiri berdampingan, sementara puluhan wartawan berada di belakangnya. Mantan wali kota Solo itu mengambil beberapa kali foto dari ponsel tersebut.

Setelah itu, baru Jokowi mengantar Prabowo ke luar Istana Merdeka.
(fra/gil)