Jalur Sepeda Sudirman-Fatmawati Diuji Coba Hari Ini

CNN Indonesia | Sabtu, 12/10/2019 09:14 WIB
Jalur Sepeda Sudirman-Fatmawati Diuji Coba Hari Ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menguji coba jalur sepeda mulai dari Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan hingga Jalan Jenderal Sudirman di Jakarta Pusat, Sabtu (12/10). (CNNIndonesia/Dini Nur Asih)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini melakukan uji coba jalur sepeda tahap kedua. Jalur yang dilalui mulai dari ruas Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat hingga Jalan Fatmawati di Jakarta Selatan.

Jalur sepeda itu terbentang sepanjang 23 kilometer dari persimpangan Jalan Fatmawati dan Jalan TB Simatupang.


"Ini [jalur sepeda] dari persimpangan Jalan Fatmawati dengan Jalan TB Simatupang dibangun jalur sepeda sepanjang 23 kilometer. Prioritas pembangunan jalur sepeda ini ke kawasan yang diterapkan kebijakan ganjil-genap daerah selatan terus sampai ke pusat," ujarnya kepada awak media di kawasan Jalan Fatmawati, Jakarta, Sabtu (12/10).


Lebih lanjut Anies kembali mengajak masyarakat untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi demi menunjang aktivitas sehari-hari seperti bekerja.

"Jadi sepeda bukan hanya sebagai alat olahraga, justru sepeda bisa dijadikan alat transportasi sambil berolahraga," ujarnya.

Pemprov DKI Jakarta sebelumnya telah melakukan uji coba di tujuh rute pada fase pertama Velodrome-Balai Kota sepanjang 25 kilometer.

[Gambas:Video CNN]

Anies pun menargetkan jalur sepeda sepanjang 63 kilometer bakal rampung tahun ini.

Selain itu, untuk fase ketiga jalur sepeda akan melintasi kawasan Jakarta Barat hingga Jakarta Timur.

Kepala Dinas Perhubungan DKI, Syafrin Liputo sempat mengatakan pihaknya akan melakukan patroli rutin di jalur sepeda setiap tiga jam sekali. Hal itu dilakukan untuk memberikan sosialisasi dan sterilisasi terhadap pelanggar di jalur sepeda.

Menurutnya patroli tersebut adalah bentuk tindak lanjut dari laporan adanya okupasi atau penyalahgunaan fungsi jalur sepeda sebagai tempat parkir ojek daring ataupun kendaraan roda empat.


"Mulai sekarang kami ada patroli rutin di jalur sepeda tadi setiap tiga jam. Akan ada anggota Dishub patroli dengan sepeda," kata Syafrin pada September lalu. (din/ayp)