Pemprov DKI Akan Siapkan Parkir Sepeda di Stasiun MRT

CNN Indonesia | Sabtu, 12/10/2019 12:12 WIB
Pemprov DKI Akan Siapkan Parkir Sepeda di Stasiun MRT Pemprov DKI sedang menyiapkan tampat parkir sepeda yang direncanakan berada di pintu masuk dan keluar setiap stasiun MRT. (CNNIndonesia/Dini Nur Asih)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah provinsi DKI Jakarta tengah menyiapkan tempat parkir sepeda di setiap stasiun Moda Raya Terpadu (MRT).

Nantinya, tempat parkir sepeda ini bakal berada di pintu masuk dan keluar stasiun.

"Tadi saat uji coba jalur sepeda [dari Jalan Fatmawati hingga Jalan Jenderal Sudirman], kita berhenti di stasiun-stasiun MRT. Nanti kami akan sediakan parkir sepeda di pintu masuk dan keluar stasiun," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta, Sabtu (12/10).


Anies menargetkan ketersediaan tempat parkir sepeda di stasiun MRT bakal rampung pada akhir tahun 2019 mendatang.


Selain di stasiun MRT, pemprov DKI juga berencana untuk menyediakan sepeda di setiap halte bus guna memudahkan masyarakat yang berangkat bekerja maupun aktivitas lain menggunakan bus.

[Gambas:Video CNN]

"Nanti juga kita taruh [sepeda] di halte-halte sehingga kita bisa menggunakan sepeda sebagai kendaraan umum. Sebab, kendala kita sebagai pekerja misalnya adalah dari rumah sampai halte dan dari halte sampai tempat kerja," terang Anies. "Kalau kita gunakan sepeda maka itu akan jauh lebih efisien."


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan jajarannya melakukan uji coba jalur sepeda tahap kedua sepanjang 23 kilometer, dimulai dari persimpangan Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan dan Jalan Jenderal Sudirman di Jakarta Pusat pada Sabtu (12/10) pagi.

Sebelumnya pemprov DKI telah melakukan uji coba di tujuh rute pada fase pertama Velodrome-Balai Kota sepanjang 25 kilometer.

Untuk fase ketiga jalur sepeda nantinya bakal melintasi kawasan Jakarta Barat hingga Jakarta Timur. (din/stu)