Akun UI Bikin Petisi Tuntut Permintaan Maaf Arteria Dahlan

CNN Indonesia | Sabtu, 12/10/2019 14:31 WIB
Akun UI Bikin Petisi Tuntut Permintaan Maaf Arteria Dahlan Politikus Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)
Jakarta, CNN Indonesia -- Akun Universitas Indonesia (UI) membuka lembar petisi di change.org menuntut permintaan maaf secara terbuka, lisan dan tulisan kepada anggota DPR fraksi PDIP, Arteria Dahlan, Sabtu (12/10).

Penuntutan permohonan maaf dibuat menyusul tindakan Arteria yang dinilai mencederai martabat seorang guru besar Profesor Emil Salim dalam acara diskusi Mata Najwa, beberapa waktu lalu.

Dilansir CNNIndonesia.com, Sabtu (12/10), pukul 14.00 WIB, petisi telah ditanda tangani lebih dari 11 ribu orang.


Dalam pengantarnya membuka laman petisi, akun Universitas Indonesia menyayangkan sikap tidak terpuji Arteria kepada Emil Salim.

"Kami sangat menyayangkan karena menilai tindakan ini adalah tindakan yang amoral dan tidak memiliki sopan santun karena tindakan dan perkataan anggota dewan tersebut melecehkan marwah dan martabat seorang guru/pendidik/akademisi yang seharusnya dicontoh dan diteladani," tulis akun Universitas Indonesia.
Masih dalam pesan tersebut, akun UI menilai acara Mata Najwa adalah acara dengan harkat atau rating yang tinggi serta dilihat oleh jutaan pemirsa dari segala usia.

"Sehingga kejadian ini akan menimbulkan dampak tidak langsung terhadap nilai budi pekerti, kesantunan dan moral bangsa," lanjut tulisan tersebut.

Tak wakili lembaga

Saat dikonfirmasi, Kepala Kantor Humas dan KIP UI Rifelly Dewi Astuti, lembaran dalam petisi tersebut tidak mewakili Universitas Indonesia secara kelembagaan. Menurutnya petisi tersebut dibuat oleh sekelompok mahasiswa S3 UI.
"Perlu dipahami, itu tidak mewakili kelembagaan (UI)," ujar Rifelly kepada CNNIndonesia.com.

Sebelumnya, tuntutan permintaan maaf juga disampaikan lembaga yang mengatasnamakan Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (Himpasiling UI). Mereka menilai anggota DPR Dapil 6 Jawa Timur itu bertindak kasar, tak beretika, dan tanpa berbudi pekerti luhur.

"Meminta maaf atau kami minta PDIP untuk melakukan PAW (pergantian antarwaktu) terhadap Arteria," tulis pernyataan Himpasiling UI, dalam keterangan pers yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (10/10).
[Gambas:Video CNN]

Sementara itu, Arteria Dahlan menanggapi santai tuntutan. Ia juga menyebut tuntutan permohonan maaf itu terbalik jika dialamatkan pada dirinya.

"Kebalik dong," kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari PDIP tersebut lewat pesan singkat, Jumat (11/10).
(ain/ain)