Pimpinan DPRD DKI Periode 2019-2024 Dilantik Sore Ini

CNN Indonesia | Senin, 14/10/2019 11:30 WIB
Pimpinan DPRD DKI Periode 2019-2024 Dilantik Sore Ini Ruang rapat paripurna DPRD DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Lalu Rahadian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seluruh pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta akan dilantik sore ini. Rencananya pelantikan akan dilakukan pada rapat paripurna istimewa DPRD DKI.

"Jam 16.00," ujar Sekretaris Dewan DPRD DKI Jakarta M Yuliadi saat dikonfirmasi, Senin (14/10).

Sebelumnya, ketua sementara DPRD DKI Jakarta, Pantas Nainggolan memastikan semuanya sudah disepakati Ketua Pengadilan Tinggi. Pengambilan sumpah jabatan pun akan dipimpin langsung Ketua Pengadilan Tinggi.


Dalam pelantikan ini juga akan dilakukan serah terima jabatan antara pimpinan sementara kepada pimpinan definitif.

Tak hanya anggota DPRD, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, juga akan diundang dalam pelantikan tersebut. Anies bahkan diberi waktu untuk memberikan sambutan dalam rapat paripurna istimewa ini.

"Kayaknya akan datang karena ada juga sambutan dari gubernur, tapi kita enggak tahu apakah secara pribadi Pak Aniesnya berhalangan atau nggak. Tapi sebagai Gubernur tetap ada kita alokasikan waktu untuk memberi sambutan," ucap Pantas, Jumat (11/10).

[Gambas:Video CNN]
Pimpinan DPRD DKI periode 2019-2024 yang sudah disepakati adalah Prasetio Edi Marsudi dari fraksi PDIP akan menjadi Ketua DPRD. Ia menjabat kembali posisi yang pada periode 2014-2019 didudukinya tersebut.

Sisanya adalah 4 orang wakil yakni Mohamad Taufik dari Fraksi Gerindra, Abdurrahman Suhaimi dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Misan Samsuri dari Fraksi Demokrat, dan Zita Anjani dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN).

Setelah pelantikan unsur pimpinan DPRD DKI, langkah selanjutnya yang akan dilakukan para wakil rakyat Jakarta itu adalah menentukan posisi untuk alat kelengkapan dewan (AKD).

(ani/kid)