Polantas Dibekali 'Body Camera' untuk Pantau Tindakan Petugas

CNN Indonesia | Selasa, 15/10/2019 06:14 WIB
Polantas Dibekali 'Body Camera' untuk Pantau Tindakan Petugas Polantas akan dibekali dengan kamera di tubuhnya agar aktivitasnya terpantau. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melengkapi anggotanya dengan sebuah kamera berteknologi tinggi yang disebut dengan body camera saat bertugas di lapangan.

Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Muhammad Nasir mengatakan kamera tersebut bisa dipasang pada saku baju anggota. Tujuannya, untuk mengawasi anggota saat bertugas.

"Untuk melihat kegiatan dan tindakan anggota di lapangan dalam pengawasan," kata Nasir saat dikonfirmasi, Senin (14/10).


Disampaikan Nasir, selain mengawasi tugas anggota, alat tersebut juga berfungsi untuk menindak para pelanggar lalu lintas lewat menggunakan alat berbasis teknologi.

"Body camera juga untuk menindak pelanggar lantas secara elektronik. Alat itu dapat diarahkan ke sasaran dari back office (ruang kontrol Ditlantas Polda Metro Jaya)," tuturnya.

[Gambas:Video CNN]
Tak hanya itu, lewat body camera itu anggota juga bisa meminta tambahan personel untuk mengatur arus lalu lintas.

"Body camera juga dapat untuk meminta bantuan personel dalam tugas yang memerlukan penambahan personel," ujar Nasir.

Nasir menjelaskan kamera itu mampu merekam video dan suara secara streaming selama 8 jam. Alat itu, lanjutnya, dikendalikan secara langsung dari ruang kontrol Ditlantas Polda Metro Jaya.

Body camera itu diketahui berbentuk kotak dan dilengkapi dengan sejumlah fitur. Yakni, perekaman video dengan resolusi HD, ketahanan baterai 8-12 jam, wifi, sim card 4G, hingga IP67 atau anti air.

Lebih lanjut, dikatakan Nasir, saat ini pihaknya telah memiliki 16 unit body camera yang digunakan oleh anggota di lapangan.

"16 unit yang sudah siap," ucap Nasir.


(dis/arh)