2 Tahun Jadi Gubernur, Anies Klaim Sudah Garap PR 40 Persen

CNN Indonesia | Selasa, 15/10/2019 19:56 WIB
2 Tahun Jadi Gubernur, Anies Klaim Sudah Garap PR 40 Persen Anies Baswedan akan genap 2 tahun menjabat Gubernur DKI Jakarta besok. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku sudah menyelesaikan 40 persen dari PR-nya setelah dua tahun masa jabatannya. Ia pun yakin bisa menuntaskan semuanya.

Diketahui, Anies akan memasuki usia 2 tahun menjabat di DKI pada Rabu (16/10).
"Semoga 3 tahun kedepan tugas-tugas yang masih ada di depan kita bisa kita tuntaskan Karena ini belum separuh jalan baru 40 persen PR-nya masih ada. Insyaallah kita sama-sama tuntaskan," kata dia, di gedung Balai Kota Jakarta, Selasa (15/10).

Anies mencontohkannya dalam hal pencapaian dalam hal transportasi umum hingga program rumah DP Rp0.


Pertama, dalam hal transportasi. Anies membanggakan peningkatan pengguna moda transportasi massal yakni bus Transjakarta dan Mass Rapid Transit (MRT).
[Gambas:Video CNN]
"Penumpang harian tahun 2017 dari 390 ribu meningkat menjadi 641 ribu tahun 2019. Dari program Jak Lingko yang mengintegrasikan antar moda transportasi Insyaallah sudah terbukti," klaimnya.

Kedua, dalam hal perumahan. Meski beberapa waktu terakhir kerap dikritik terkait salah sasaran dan tidak terasa manfaatnya untuk masyarakat, Anies tetap memamerkan pencapaian dalam program rumah DP Rp0.

Menurutnya, program itu akan berjalan lancar dan berkembang hingga sesuai dengan target yang dijanjikan.
"Perumahan DP nol rupiah yang alhamdulillah sudah dibuka ada 780 unit dan fasilitas ini diharapkan nantinya akan bisa mendorong perluasan program DP nol rupiah menjadi lebih banyak pihak yang terlibat sekaligus juga banyak masyarakat yang nantinya akan merasakan manfaatnya," klaim dia.

Anies juga memaparkan sejumlah pencapaiannya lainnya. Misalnya, 860 ribu siswa penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus, 5.061 penerima Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU), 17 ribu pekerja menerima Kartu Pekerja Jakarta (KPJ).

Selain itu, ada 7.137 penyandang disabilitas penerima Kartu Penyandang Dsiabilitas Jakarta (KJPD), 40 ribu lansia penerima Kartu Lansia Jakarta (KLJ).

Selain penerima kartu bantuan, Anies juga menyinggung target pembangunan membangun 200 taman di Jakarta pada 2022. Taman itu, katanya, akan menjadi pusat aktivitas masyarakat. Hingga saat ini, sudah ada 53 taman yang dibangun.

2 Tahun Jadi Gubernur, Anies Klaim Sudah Garap PR 40 PersenFoto: CNN Indonesia/Fajrian
(ani/arh)