Kapal Tenggelam di Tanjung Priok, Satu Awak Meninggal Dunia

CNN Indonesia | Rabu, 16/10/2019 13:41 WIB
Kapal Tenggelam di Tanjung Priok, Satu Awak Meninggal Dunia Aktivitas Pelabuhan Tanjung Priok. Satu orang meninggal dunia dalam insiden kapal tenggelam, Selasa (15/10). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Satu unit kapal jenis tugboat (kapal tunda) yang berisi dua orang awak kapal tenggelam saat tengah bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (15/10).

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Reynold mengatakan insiden tersebut terjadi sekitar pukul 00.30 WIB dini hari.

"Satu awak kapal sehat dan satu lagi meninggal," kata Reynold saat dikonfirmasi, Rabu (16/10).


Reynold menjelaskan, saat kejadian di atas kapal tersebut terdapat dua awak bernama Asep Suprianto selaku operator krane kapal pengerukan WB Abigail dan Sargimin selaku juru mudi kapal.
Asep diketahui berhasil menyelamatkan diri dengan melompat ke atas kapal WB Abigail. Sementara Sargimin meninggal dunia lantaran tak sempat menyelematkan. Saat kejadian Sargimin sedang tertidur di dalam tugboat.

Dijelaskan Reynold, kejadian tenggelamnya kapal tugboat itu berlangsung cepat. Dalam kurun waktu kurang dari satu menit, kata Reynold, kapal tersebut sudah tenggelam ke dasar laut.

Kemudian, sekitar pukul 03.00 WIB, tim SAR tiba di lokasi dan langsung melakukan upaya penyelamatan terhadap korban Sargimin.

"Namun situasi dan kondisi kapal tidak memungkinkan untuk mengevakuasi korban dikarenakan posisi kapal yang terbalik dan sudah tertutup lumpur di dasar laut," tutur Reynold.
[Gambas:Video CNN]

Kapal tersebut baru berhasil dievakuasi dari dari dasar laut sekitar pukul 15.24 WIB. Sedangkan korban baru berhasil dievakuasi sekitar pukul 16.15 WIB dan langsung dibawa ke rumah sakit.

Reynold menyampaikan sekitar pukul 16.30 WIB, para saksi dan pihak keluarga dibawa ke Polres Pelabuhan untuk dimintai keterangan terkait insiden tersebut.

"Dugaan sementara peristiwa tenggelamnya kapal adalah kebocoran dari bagian dasar kapal," ucap Reynold.
(dis/ain)