Jokowi Klaim Tak Sulit Cari Menteri, Terserak di Semua Bidang

CNN Indonesia | Kamis, 17/10/2019 09:33 WIB
Jokowi Klaim Tak Sulit Cari Menteri, Terserak di Semua Bidang Presiden Jokowi mengklaim tak sulit mencari menteri karena ada begitu banyak orang hebat dan mau mengabdi pada negara (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak kesulitan mencari orang-orang berkualitas untuk ditempatkan sebagai menteri dalam kabinet periode pemerintahan 2019-2024. Menurutnya, banyak orang hebat di Indonesia.

"Tidak sulit menemukan mereka," kata Jokowi melalui akun Facebook Presiden Joko Widodo, Kamis (17/10).

Jokowi mengatakan bahwa Indonesia tidak kekurangan orang hebat. Banyak yang mampu memimpin kementerian dan lembaga.


Mereka, lanjutnya, juga senantiasa bersedia mengabdi kepada negara. Jokowi mengatakan orang-orang hebat itu berasal dari berbagai kalangan.

"Mereka terserak di semua bidang pekerjaan dan profesi: akademisi, birokrasi, politisi, santri, juga TNI dan polisi," ujarnya.
Jokowi juga mengklaim telah merampungkan susunan kabinet untuk periode pemerintahan 2019-2024. Karenanya, dia bisa mengumumkan selekas mungkin usai dilantik MPR pada Minggu mendatang (20/17).

"Saya umumkan segera setelah pelantikan Presiden pada 20 Oktober, bisa hari yang sama atau setelahnya," tutur Jokowi.

Pelantikan presiden-wakil presiden hasil Pilpres 2019 dilakukan MPR pada 20 Oktober mendatang. Pelantikan bakal dihelat di Gedung DPR/MPR.

Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid menduga saat ini Jokowi pusing memberikan jatah menteri yang ideal untuk para partai koalisi pendukungnya yang tergolong banyak. Terlebih, ada partai lain yang ingin bergabung dalam koalisi pemerintah.
"Pak Jokowi saja saya kira hari-hari ini cukup puyeng memikirkan porsi kementerian untuk seluruh partai pendukungnya. Kan partai pendukung beliau tidak sedikit," kata Hidayat di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (16/10).

Senada, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan jika Jokowi pusing dan membutuhkan waktu untuk menyusun kabinet dengan porsi menteri yang ideal bagi partai pengusung.

"Pak Jokowi saja saya kira hari-hari ini cukup puyeng memikirkan porsi kementerian untuk seluruh partai pendukungnya. Kan partai pendukung beliau tidak sedikit," kata Hidayat di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (16/10).

"Ya pasti lah, menghadapi orang banyak puyeng. Biasa itu," kata Moeldoko di Kantor Staf Presiden (KSP), Jakarta, Rabu (16/10).
[Gambas:Video CNN] (bmw)