FOTO: Demo Mahasiswa Tuntut Perppu KPK

Andry Novelino, CNN Indonesia | Kamis, 17/10/2019 19:41 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Mahasiswa di sejumlah daerah menggelar aksi unjuk rasa menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu KPK, Kamis (17/10).

Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) kembali melakukan aksi unjuk rasa di depan patung kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta, Kamis (17/10). (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Mahasiswa mendesak Presiden Joko Widodo mengeluarkan Perppu KPK. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Mahasiswa telah menyiapkan surat audiensi untuk melakukan dialog terbuka dengan Presiden pada tanggal 21 Oktober nanti. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Mahasiswa ingin berdiskusi dengan orang nomor satu di Indonesia secara terbuka untuk memberikan evaluasi terhadap kinerja presiden dan NawaCita selama periode 2014-2019. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Mahasiswa mengatakan aksi unjuk rasa yang dilakukan murni untuk membahas hal substantif, yakni mengenai UU KPK hasil revisi. Dia menepis tudingan yang mengatakan unjuk rasa bertujuan menggagalkan pelantikan presiden. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Menurut koordinator aksi BEM SI, Erfan Kurniawan semula BEM SI memperkirakan jumlah peserta aksi 1.000 mahasiswa. Namun, pihaknya mengatakan jumlah yang hadir kemungkinan berkurang karena diadang aparat keamanan di sekitar kampus. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Massa terlihat mulai mendapat arahan untuk membubarkan diri sekitar pukul 16.00 WIB setelah memberikan banner bergambar tikus berdasi dengan tulisan KPK di bawahnya. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Aparat keamanan mulai membuka kedua jalur di Jalan Medan Merdeka Barat sekitar pukul 17.00 WIB, setelah mahasiswa berangsur membubarkan diri. (CNN Indonesia/Andry Novelino)