PDIP Beberkan Lima Pintu Rekrutmen Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin

CNN Indonesia | Jumat, 18/10/2019 20:42 WIB
PDIP Beberkan Lima Pintu Rekrutmen Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jendral PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto membeberkan lima pintu rekrutmen calon menteri bagi pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin selama lima tahun ke depan. 

Kelima pintu rekrutmen calon menteri Jokowi-Ma'ruf itu berasal dari partai politik, profesional-fungsional, pemimpin daerah, aparatur sipil negara (ASN), dan tokoh masyarakat.
"Guna mendapatkan menteri yang hebat dan berkualitas, maka ada lima pintu rekrutmen calon menteri itu," kata Hasto dalam keterangan resmi, Jumat (18/10).

Hasto menjelaskan rekrutmen melalui lima jalur itu dipastikan untuk mendapatkan kandidat calon menteri yang berkualitas demi mendukung kinerja Jokowi lima tahun ke depan.


Selain itu, calon menteri yang berasal dari ASN juga penting untuk membangun stabilitas dan sistem kepemimpinan pemerintahan Jokowi lima tahun ke depan.

Terlebih lagi, kata dia, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pernah mengambil beberapa menteri dari ASN tatkala menjabat sebagai presiden ke-5 RI.

"ASN yang berproses dari bawah, telah teruji kepemimpinan dan integritasnya, layak untuk masuk dalam jabatan kabinet Jokowi. Mereka sosok yang sangat memahami hal ikhwal kementeriannya," kata dia.
Lebih lanjut, Hasto menegaskan bahwa tantangan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf selama lima tahun ke depan tidak ringan. Jokowi harus meletakkan investasi masa depan di samping kewajiban meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Tak hanya itu, Indonesia juga masih memiliki ancaman keamanan dari kelompok-kelompok radikalisme yang ingin mengganti ideologi Pancasila.

"Dengan penusukan Pak Wiranto adalah contoh beratnya tantangan menghadapi radikalisme. Hal tersebut harus disikapi dengan tegas, berani, dan menyeluruh," kata dia.
[Gambas:Video CNN]
Presiden Jokowi sebelumnya menyatakan telah merampungkan susunan kabinet untuk periode pemerintahan 2019-2024. Dia akan mengumumkan segera usai dilantik MPR pada Minggu mendatang (20/17).

Jokowi mengaku tidak kesulitan mencari orang-orang berkualitas untuk ditempatkan sebagai menteri dalam kabinet periode pemerintahan 2019-2024. Menurutnya, banyak orang hebat di Indonesia berasal dari berbagai kalangan.

"Mereka terserak di semua bidang pekerjaan dan profesi: akademisi, birokrasi, politisi, santri, juga TNI dan polisi," ujarnya. (rzr/wis)