Mulan dan Sindiran KPK soal Endorsemen Kacamata di Medsos

CNN Indonesia | Jumat, 18/10/2019 14:00 WIB
Mulan dan Sindiran KPK soal Endorsemen Kacamata di Medsos Politikus Gerindra Mulan Jameela mendapat teguran dari Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengingatkan anggota DPR Fraksi Gerindra Mulan Jameela terkait unggahan di akun instagramnya soal foto kacamata merek Gucci. Mulan merespons peringatan Saut dengan menyatakan dirinya dan Gerindra akan menjaga diri dari korupsi. 

Awalnya, Saut mengingatkan agar setiap pejabat negara sebaiknya melaporkan ke Direktorat Gratifikasi terlebih dahulu terkait kegiatan endorsement.

"Sebaiknya harus dilaporkan dulu. Nanti KPK akan lakukan klarifikasi dalam konteks apa pemberian tersebut. Apakah dalam kaitan business to business atau apa," kata Saut saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (18/10).


Saut menegaskan saat ini Mulan tidak hanya berprofesi sebagai artis namun juga pejabat negara.

Ia menyebut pemberian hadiah secara gratis kepada pejabat negara bisa berpotensi menjadi pidana jika mengacu pada Pasal 12B ayat 1 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi.

"Itu sebabnya mengapa pemberian ini bahkan di KPK diawasi oleh satu direktorat karena gratifikasi walau itu bukan suap akan tetapi bisa menjadi pidana bila tidak dilaporkan dalam 30 hari sejak diterima," jelas Saut.

Saut menerangkan tim KPK yang nanti mengkaji secara filosofis, sosiologis dan juridis atas pemberian kacamata kepada Mulan.

Ia mengingatkan bahwa Mulan bisa saja menjadi tokoh politik yang baik di masa depan. Oleh karena itu, menurutnya tugas KPK adalah untuk menjaga kebaikan tersebut.

"Di masa depan bisa saja Mulan yang sudah jadi tokoh politik wanita nantinya yang bersangkutan akan memberikan kontribusi besar dalam membangun Indonesia," terang dia.

"Itu sebabnya mengapa seorang penyelenggara negara perlu dijaga oleh KPK agar mereka tetap fokus perform pada kinerja utama mereka karena jauh dari perilaku yang kemungkinan adanya conflict of interest," tuturnya.

Teguran KPK terhadap Mulan bermula dari unggahan istri Ahmad Dhani itu di akun instagram. Mulan mengunggah kacamata yang ia sebut dikirim oleh sebuah toko.

Unggahan itu kemudian dihapus Mulan. Dalam unggahan berikutnya dia Mulan mengucapkan terima kasih kepada Saut atas masukannya yang disebutnya positif.

[Gambas:Video CNN]
Kata Mulan, kasus kacamata ini akan dijadikan sebagai pelajaran untuk dirinya dan pihak terkait.

"Alhamdulillah sudah saya klarifikasi bahwa postingan itu terjadi kesalahan input caption yang sudah dikirim oleh pihak OL shop tanpa admin atau pihak saya filter terlebih dulu," tulis Mulan.

Dia juga menyatakan dirinya bersamaGerindra akan selalu menghindari korupsi. 
 
(ani/wis)