Sebelum Pelantikan, Ma'ruf Amin Tak Absen Olahraga Pagi

CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 07:07 WIB
Sebelum Pelantikan, Ma'ruf Amin Tak Absen Olahraga Pagi Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin tetap menjalani rutinitas olahraga pagi di hari pelantikannya (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin tetap berolahraga pagi sekitar pukul 06.00 WIB di Taman Menteng, Jakarta, Minggu (20/10). Kegiatan ini hampir setiap hari menjadi rutinitas pria usia 76 tahun tersebut termasuk di hari dirinya bakal dilantik sebagai wakil presiden 2019-2024.

Ma'ruf tampak berjalan kaki santai mengenakan setelan training dan jaket berwarna hitam serta memakai topi. Ia didampingi istrinya, Wury Estu Handayani. Beberapa anggota Paspampres juga turut serta.

"Setiap pagi selalu olahraga," kata salah seorang petugas yang berjaga di kawasan kediaman Ma'ruf Amin di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Minggu (20/10).


Pantauan CNNIndonesia.com, tak ada kegiatan khusus di sekitar lokasi tempat tinggal Ma'ruf. Aktivitas terlihat normal. Beberapa warga sekitar masih tampak lalu lalang atau berolahraga di Taman Kodok dan Taman Menteng yang tak jauh dari kediaman Ma'ruf.
Personel berseragam Detasemen Grup B atau Pasukan Pengamanan Presiden berjaga di kawasan tersebut. Mereka bersiaga di pos khusus yang terletak tepat di depan rumah.

Mobil yang mengantar karangan bunga atau kiriman lain harus melewati pemeriksaan petugas di pos tersebut. Sejak pukul 06.00 WIB sudah ada dua mobil yang mengantar karangan bunga. Di antaranya dari Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia dan Relawan Unicorn.

Akses jalan di depan pos pengamanan tak boleh dilewati sembarang orang terkecuali warga sekitar. Di jalur ini juga terparkir sebuah panser Anoa dan beberapa mobil milik petugas.

Hari ini Joko Widodo dan Ma'ruf Amin bakal dilantik sebagai presiden dan wakil presiden terpilih RI periode 2019-2024 oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Prosesi akan digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Minggu (20/10) siang nanti.
[Gambas:Video CNN]
Jokowi akan kembali memimpin pemerintahan sebagai presiden melanjutkan periode pertamanya. Sementara Ma'ruf Amin menggantikan Jusuf Kalla di posisi wakil presiden untuk lima tahun ke depan.

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf bakal dipimpin Ketua MPR Bambang Soesatyo melalui Sidang Paripurna MPR RI. Dalam proses pelantikan, Jokowi-Ma'ruf bakal mengucapkan sumpah sebagai presiden dan wakil presiden.

Jokowi diberikan waktu 18 menit terhitung pada pukul 15.12 WIB untuk menyampaikan pidato. Setelah itu, rapat ditutup dengan doa dan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pelantikan direncanakan rampung pada 15.48 WIB.
(ika/bmw)