Jokowi-Ma'ruf Akan Diiringi Musik Dangdut Hingga 'Pengantin'

CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 16:04 WIB
Jokowi-Ma'ruf Akan Diiringi Musik Dangdut Hingga 'Pengantin' Para pengantin yang akan menyambut Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 Jokowi-Ma'ruf Amin. (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Iring-iringan 'pengantin' dari 34 provinsi di Indonesia rencananya akan menyambut Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin usai pelantikan presiden hari ini.

Iring-iringan pengantin tersebut adalah satu dari bagian kegiatan yang digelar di kawasan sekitar Istana Negara, tepatnya di depan wilayah IRTI Monas, serta di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Selain itu, di Taman Pandang yang berseberangan dengan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara juga digelar acara syukuran relawan atas dilantiknya Jokowi-Ma'ruf hari ini. 

Acara-acara untuk memeriahkan pelantikan pasangan pemimpin negara ini bermacam-macam. Mulai dari pagelaran musik dangdut, hingga musik pop yang dimeriahkan sejumlah selebritas.


Tak hanya itu sejumlah kegiatan tradisional pun digelar, misalnya atraksi ondel-ondel, dan parade pakaian adat berpasang-pasangan layaknya pengantin dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, selain itu pagelaran musik adat daerah pun akan memeriahkan gelaran pelantikan presiden yang hanya terjadi lima tahun sekali ini. 
Salah satu penampil pakaian adat asal Provinsi Aceh, Muhammad Masrofi (28) mengaku sangat bersyukur bisa menjadi penampil dalam salah satu momen bersejarah Indonesia. 

"Ya senang ya, ini saya dipanggil sudah satu minggu lalu untuk tampil. Tadi persiapan kami dari jam 09.00 WIB untuk pakai pakaian adat, saya kebetulan dapat dari Aceh," kata Masrofi. 

Para penampil ini didandani tak ubahnya seperti pengantin dengan berbagai pakaian adat dari daerah. Bahkan, pakaian pengantin adat Minahasa yang tampak meriah pun ditampilkan. 

Nantinya para 'pengantin' dari berbagai daerah ini akan menyambut iring-iringan Jokowi-Ma'ruf Amin di kawasan Patung Kuda hingga Istana Negara yang telah resmi dilantik di DPR/MPR, Senayan. 

Para 'pengantin' ini akan menyambut Jokowi dengan diiringi berbagai alat musik dari hanpir seluruh wilayah Indonesia. 

"Nanti kami menyambut saat beliau telah dilantik," kata Masrofi.

Berdasarkan susunan acara yang dibagikan MPR RI, Sidang Paripurna MPR RI Pelantikan Presiden-Wakil Presiden 2019-2024 akan dimulai pukul 14.30 WIB. Berdasarkan susunan acara yang dibagikan MPR RI, Sidang Paripurna MPR RI Pelantikan Presiden-Wakil Presiden 2019-2024 akan dimulai pukul 14.30 WIB.

Pada pukul 14.56 WIB, Jokowi dan Ma'ruf akan diambil sumpah secara bergantian. Lalu mereka bakal menandatangani berita acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024.
(tst/kid)