NasDem Pasrah soal Peluang Viktor Laiskodat Jadi Menteri LHK

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 14:18 WIB
NasDem Pasrah soal Peluang Viktor Laiskodat Jadi Menteri LHK Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat disebut bakal menduduki kursi Menteri LHK di pemerintahan mendatang. ( Foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai NasDem masih menunggu keputusan Presiden Joko Widodo terkait kemungkinan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat akan menduduki jabatan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (LHK) di pemerintahan mendatang.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Johnny G Plate mengatakan Viktor siap untuk menduduki kursi menteri di kementerian mana pun pada pemerintahan mendatang karena sudah memahami peta politik nasional.

"Kalau Viktor jadi Menteri LHK atau menteri lainnya, Gubernur NTT ini sudah tahu Jakarta, sudah tahu landscape politik di Jakarta. Mau ditaruh di mana saja siap. Tapi itu sekali lagi kita tunggu keputusan Presiden," kata Johnny kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Minggu (20/10).



Ia meyakini bahwa Jokowi sudah memilih sosok-sosok menteri yang akan membantunya dan Ma'ruf Amin di pemerintahan mendatang.

Menurutnya, Jokowi tengah dalam proses perenungan terakhir sebelum mengumumkan nama jajaran menteri di kabinetnya mendatang ke publik.

"Saya meyakini Presiden sudah memilih itu semua, tapi membutuhkan waktu yang tepat dalam perenungan terakhir. Kami anggap ini the last contemplating, perenungan terakhir sebelum diumumkan," ucap Johnny.

Sebelumnya, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Marius Jelamu mengklaim Jokowi telah dua kali menghubungi Viktor untuk siap menjadi menteri pada kabinet kerja jilid II Jokowi-Ma'ruf.


"Bapak Presiden dua kali menyampaikan secara langsung kepada Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat untuk siap menduduki salah satu jabatan menteri pada kabinet mendatang," kata Marius Jelamu seperti dilaporkan Antara, Jumat (18/10).

Salah satunya, kata Marius, dalam kunjungan Presiden Jokowi ke Labuan Bajo pada Juli 2019 di mana Jokowi menyampaikan langsung kepada Viktor Laikodat untuk siap menjadi Menteri.

Jokowi, tambah Marius, juga menyampaikan hal serupa ketika kunjungan ke Kabupaten Kupang bersama Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh dan Sekjen Partai Nasdem, Jhonny G Plate pada Agustus 2019 lalu. (mts/rea)