Rute KRL Dialihkan, Stasiun Tanah Abang Lengang

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 15:58 WIB
Rute KRL Dialihkan, Stasiun Tanah Abang Lengang Stasiun Tanah Abang terpantau lengang meski rute Kereta Api Listrik (KRL) tujuan Serpong hingga Rangkasbitung ditiadakan, Minggu (20/10). (Foto: CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Jakarta, CNN Indonesia -- Stasiun Tanah Abang tak mengalami penumpukan penumpang meski rute Kereta Api Listrik (KRL) tujuan Serpong hingga Rangkasbitung ditiadakan, Minggu (20/10).

Rute tersebut ditiadakan lantaran ada pengaturan pola operasi saat pelantikan Presiden Wakil Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Akibat pengaturan itu, rute Serpong hingga Rangkasbitung hanya sampai di Stasiun Kebayoran saja.

Pantauan CNNIndonesia.com, Stasiun Tanah Abang terpantau tak terlalu ramai. Tak terlihat penumpukan penumpang di lokasi penjualan tiket maupun di mesin taping.



Nova, salah satu petugas stasiun mengatakan pihaknya telah memberitahukan kepada penumpang soal ketiadaan pemberangkatan menuju ke Serpong dan Rangkasbitung pada hari ini.

"Dari kemarin sudah diinformasikan, di medsos juga diinfoin, jadi mungkin karena itu enggak ada penumpukan penumpang," kata Nova saat ditemui CNNIndonesia.com, Minggu (20/10).

Tak hanya menginformasikan lewat sosial media, di depan pintu stasiun pun petugas juga memasang informasi tentang ketiadaan rute Serpong hingga Rangkasbitung.

Kendati demikian, masih ada sejumlah penumpang yang belum mengetahui informasi itu. Alhasil, mereka mesti memutar otak untuk mencari moda transportasi lain.

Topan, salah satunya. Ia mengaku tak mengetahui informasi bahwa KRL tujuan Serpong hari ini tidak melintas di Stasiun Tanah Abang. Ia yang berencana akan ke Stasiun Maja mesti mencari alternatif transportasi lain.

"Enggak tahu kalau hari ini enggak lewatin Tanah Abang, paling mau pesen Gojek aja nih buat ke Stasiun Kebayoran dulu," tuturnya.


Hal yang sama juga menimpa Indah. Ia mengaku baru mengetahui informasi itu saat sudah tiba di Stasiun Tanah Abang.

"Mau ke Rawa Buntu, enggak tahu kalau hari ini enggak lewat sini (Tanah Abang), paling nanti naik Gojek atau apalah biar bisa ke sana," ujar Indah.

Sebelumnya, VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan penghentian layanan sementara ini dilakukan karena ada penutupan jalan di sekitar dua stasiun tersebut terkait pelantikan Presiden dan Wapres RI Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin di Gedung MPR, Jakarta, petang ini.

"Pengaturan pola operasi dibuat dengan mempertimbangkan pengguna KRL akan kesulitan menemukan angkutan lanjutan selepas dari Stasiun Palmerah karena ruas jalan di sekitar stasiun banyak yang ditutup ataupun dialihkan arus lalu lintasnya," jelas dia.

Lewat penghentian sementara layanan tersebut, maka pola sejumlah layanan di beberapa stasiun diubah. Pelayanan dari Stasiun Rangkasbitung - Maja - Parungpanjang - Serpong akan melayani penumpang hanya sampai Stasiun Kebayoran dan akan kembali ke arah Rangkasbitung - Maja - Parungpanjang - Serpong.

Sementara itu, untuk layanan KRL lintas selain Tanah Abang-Serpong, disebut Anne masih berjalan lancar.
(dis/rea)