Jokowi Sebut Kabinet Lebih Banyak Diisi Wajah Baru

CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 14:59 WIB
Jokowi Sebut Kabinet Lebih Banyak Diisi Wajah Baru Presiden Joko Widodo. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden terpilih Joko Widodo menyatakan jajaran menteri di pemerintahan kabinet mendatang akan lebih banyak diisi oleh wajah-wajah baru ketimbang mereka yang sebelumnya sudah membantunya di Kabinet Kerja.

"Ada (yang lama), masih banyak, tapi yang baru lebih banyak," ucap Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (20/10). 

Kendati begitu, presiden petahana itu belum ingin merinci wajah-wajah baru yang akan didapuk menjadi pembantunya selama lima tahun ke depan. Begitu pula dengan para menteri lama yang kembali diberi kepercayaan. 
Ia hanya menegaskan bahwa seluruh kursi menteri yang dibutuhkan untuk pemerintahan ke depan sudah terisi. Para calon menteri itu terdiri dari kalangan partai politik dan profesional. 


Namun, lagi-lagi, ia enggan merinci pula berapa besar porsi menteri dari masing-masing kalangan. Jokowi meminta publik sabar menanti pengumuman jajaran menteri yang rencananya akan diumumkan Senin (21/10) besok. 

"Ya besok saja dilihat," imbuhnya. 

Rencananya, usai diumumkan, Jokowi akan mengenalkan satu per satu menterinya kepada publik. Setelah itu, baru dilantik, meski belum ada kepastian waktu. 

Di sisi lain, ia juga enggan membagi bocoran terkait kementerian/lembaga/badan baru yang sekiranya akan dibentuk demi mencapai visi dan misi pembangunan Indonesia ke depan.

"Besok saja," katanya. 
[Gambas:Video CNN]
Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019 akan mengucapkan sumpah dan dilantik sebagai Presiden-Wakil Presiden 2019-2024 di Gedung MPR pada petang hari ini.

Berdasarkan susunan acara yang dibagikan MPR RI, Sidang Paripurna MPR RI Pelantikan Presiden-Wakil Presiden 2019-2024 akan dimulai pukul 14.30 WIB. Berdasarkan susunan acara yang dibagikan MPR RI, Sidang Paripurna MPR RI Pelantikan Presiden-Wakil Presiden 2019-2024 akan dimulai pukul 14.30 WIB.

Pada pukul 14.56 WIB, Jokowi dan Ma'ruf akan diambil sumpah secara bergantian. Lalu mereka bakal menandatangani berita acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024.
(uli/ugo)