Nomenklatur Kementerian Kabinet Baru Bisa Diumumkan Hari Ini

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 15:42 WIB
Nomenklatur Kementerian Kabinet Baru Bisa Diumumkan Hari Ini Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan dalam acara silaturahmi dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan menteri Kabinet Kerja di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10). (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan terbuka kemungkinan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan mengumumkan nomenklatur kabinet di pemerintahan mendatang pada Minggu (20/10).

Menurutnya, kemungkinan pengumuman nomenklatur kementerian di kabinet mendatang dilakukan selepas waktu ibadah salat maghrib.


"Mudah-mudahan lepas maghrib kita bisa dengar nomenklatur yang sudah Presiden susun," kata Ngabalin kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.


Dia mengatakan Jokowi telah mengubah nomenklatur sejumlah kementerian dan lembaga berdasarkan sejumlah usulan yang diterima.

Namun, Ngabalin tak mau membeberkan nomenklatur kementerian dan lembaga mana saja yang diubah menyerahkan kewenangan untuk mengumumkan perubahan tersebut kepada Jokowi.

Nomenklatur Kementerian Era Jokowi-Ma'ruf Diumumkan Hari IniTenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Ia hanya berkata bahwa beberapa perubahan sejumlah nomenklatur itu terkait dengan pembuatan jabatan wakil menteri di beberapa kementerian. Ngabalin berkata, langkah itu dilakukan mengingat kebutuhan teknis di kementerian terkait.


"Ada beberapa kementerian dan lembaga dalam kerja teknis harus dilakukan oleh wakil menteri," ucap Ngabalin.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan akan mengenalkan wajah-wajah baru yang akan membantunya dalam kabinet 2019-2024 pada Senin (21/10) pagi.

Hal tersebut diutarakan Jokowi di Istana Kepresidenan sesaat sebelum bertolak ke kompleks parlemen untuk mengucapkan sumpah dan dilantik sebagai Presiden 2019-2024 besok pagi.

"Sudah sudah rampung, sudah selesai. Nanti, besok (Senin) pagi saya kenalkan. Besok pagi saya kenalkan. Nanti sorenya pak Ma'ruf Amin harus ke Jepang harus menghadiri penobatan kaisar," kata Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (20/10).


[Gambas:Video CNN] (mts/pmg)