Pelantikan Jokowi, Polisi Amankan Mobil B 1 RI Berisi Parang

CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 15:23 WIB
Pelantikan Jokowi, Polisi Amankan Mobil B 1 RI Berisi Parang Ilustrasi. (Istockphoto/BrianAJackson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi mengamankan pengemudi dan pemilik mobil Nissan Terra dengan nomor polisi B 1 RI yang terparkir di Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan.

Diketahui hotel tersebut menjadi tempat menginap tamu negara yang berkunjung dalam rangka menghadiri pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan wakilnya Ma'ruf Amin.

Mobil tersebut diketahui terparkir di lokasi itu sejak Sabtu (19/10) malam sekitar pukul 23.00 WIB.


"Jadi kendaraan mereka ini yakni Nissan Terra warna putih terparkir di lobi hotel. Kendaraan ini menghalangi lintasan tamu negara," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Minggu (20/10).

Pengemudi mobil tersebut diketahui berinisial HS sementara pemiliknya diketahui berinisial IL.

Pemilik mobil tersebut diketahui juga merupakan tamu yang menginap di hotel tersebut. Petugas hotel kemudian membangunkan pemilik mobil untuk dilakukan pemeriksaan.

"Pemilik mobil yang menginap di Hotel Raffles berhasil dibangunkan oleh petugas hotel," ujar Argo.

Setelahnya, mobil yang terpakir tersebut dilakukan penggeledahan oleh aparat kepolisian. Hasilnya, ditemukan dua buah senjata tajam jenis parang, plat nomor palsu B 1442 KJM.

Selain itu, polisi juga menemukan pin anggota PKRI, serta sebuah undangan pelantikan presiden dan wakil presiden. Namun, Argo tak mengungkapkan nama yang tertera dalam undangan pelantikan tersebut.

Saat ini, kata Argo, polisi tengah melakukan pemeriksaan untuk mendalami kasus tersebut.

"Saat ini kendaraan, pengemudi dan pemilik kendaraan serta sajam diamankan di Polda Metro Jaya untuk pemeriksaan lebih lanjut," ujar Argo.

[Gambas:Video CNN]
Diketahui pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 dilakukan di Gedung MPR, Jakarta Pusat hari ini. Proses pengucapan sumpah dan pelantikan itu dihadiri pula sejumlah tamu dari negara sahabat di antaranya Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, dan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen.

Berdasarkan susunan acara yang dibagikan MPR RI, Sidang Paripurna MPR RI Pelantikan Presiden-Wakil Presiden 2019-2024 akan dimulai pukul 14.30 WIB. Berdasarkan susunan acara yang dibagikan MPR RI, Sidang Paripurna MPR RI Pelantikan Presiden-Wakil Presiden 2019-2024 akan dimulai pukul 14.30 WIB.

Pada pukul 14.56 WIB, Jokowi dan Ma'ruf akan diambil sumpah secara bergantian. Lalu mereka bakal menandatangani berita acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024.

(dis/kid)