Pelantikan Presiden, MRT Lebak Bulus Dilengkapi X-Ray Bandara

ANTARA, CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 16:21 WIB
Pelantikan Presiden, MRT Lebak Bulus Dilengkapi X-Ray Bandara Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keamanan di Stasiun Mass Rapid Transit (MRT) Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan, diperketat saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Minggu (20/10).

Petugas melakukan pemeriksaan barang penumpang menggunakan alat pemindai X-ray yang dipasang di empat titik akses masuk.

"Setiap akses masuk bertangga manual kita pasang X-ray. Totalnya ada empat titik," kata operator X-ray dari Bandara Soekarno-Hatta, Muklis Saputra di Jakarta.

Alat pemindai barang itu didatangkan dari Bandara Soekarno-Hatta melalui kerja sama MRT dengan Squere Garuda Indonesia (SGI).


Selain melibatkan petugas bandara, MRT juga melibatkan sejumlah personel berikut alat pengamanan lengkap untuk berjaga di area pembelian tiket hingga di dalam kabin kereta.

Setiap kabin kereta disiagakan dua petugas polisi dengan peralatan lengkap untuk mengawal perjalanan kereta ke sejumlah kawasan di Jakarta.

Muklis mengatakan penerapan sistem keamanan yang lebih ketat dari biasanya ini berlangsung sejak 18 hingga 22 Oktober 2019.

"Kegiatan ini berkaitan dengan pengamanan agenda pelantikan Presiden dan Wakil Presiden," katanya.

Sebanyak sembilan operator X-ray disiagakan setiap hari mulai pukul 05.00 hingga 22.00 WIB.

"Per titik pengamanan X-ray dijaga dua petugas piket setiap hari," katanya. (wis/wis)