Ratusan Paspampres Bentuk Barikade Usai Jokowi Dilantik

CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 18:15 WIB
Ratusan Paspampres Bentuk Barikade Usai Jokowi Dilantik Ratusan paspampres membentuk barikade di sepanjang jalan Medan Merdeka Barat dan Medan Merdeka Utara, Jakarta usai Jokowi-Ma'ruf dilantik. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) membentuk barikade di sepanjang jalan Medan Merdeka Barat dan Medan Merdeka Utara, Jakarta.

Tindakan itu dilakukan untuk mengantisipasi pergerakan relawan yang hendak melihat dan menyapa Joko Widodo melintas masuk dalam Istana Negara usai dilantik menjadi presiden periode 2019-2024.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, seribuan relawan berkumpul di Taman Pandang yang berada persis di depan Istana Negara.


Mareka sebelumnya bersama-sama menyaksikan siarang langsung pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin lewat layar besar yang diserahkan panitia acara di lokasi. Relawan juga dihibur oleh sejumlah hiburan yang dibuat penyelenggara acara.


Berdasarkan informasi panitia lewat pengeras suara, Jokowi direncanakan akan menyapa relawan yang sejak pagi berada di Taman Pandang dan sepanjang jalan Medan Merdeka Barat.

Sebelum berangkat ke MPR untuk dilantik, Jokowi bersama putra tertuanya, Gibran Rakabuming Raka menyapa relawan yang ada di Taman Pandang. Jokowi diketahui turun dari kendaraan yang ditumpanginya untuk menyalami para relawan.

[Gambas:Video CNN]

Selain Paspampres, seratusan personel TNI AD dan Polri juga dikerahkan untuk melakukan penjagaan. Mereka juga terlihat membentuk barikade. Kawat berduri dan pagar besi juga dijadikan pembatas agar relawan tidak berada di Jalan Medan Merdeka Utara yang akan dilintasi oleh Jokowi.

Berdasarkan informasi, Jokowi bersama Ma'ruf telah meninggalkan MPR untuk menuju Istana Negara.

(jps)