Jokowi Tiba di Istana Merdeka Tanpa Ma'ruf Amin

CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 18:44 WIB
Jokowi Tiba di Istana Merdeka Tanpa Ma'ruf Amin Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo tiba di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10), usai dilantik bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin, di Gedung MPR/DPR.

Pantauan CNNIndonesia.com di lapangan, Jokowi bersama rombongan tiba di Kompleks Istana, sekitar pukul 18.00 WIB.


Jokowi bersama Iriana tiba menaiki mobil kepresidenan Indonesia 1. Setelah itu, Jokowi memberikan keterangan pers kepada awak media.


Namun, mantan wali kota Solo itu tak ditemani Ma'ruf Amin. Sama seperti berangkat, Jokowi disambut puluhan staf Istana Negara sembari membawa bendera merah putih berukuran kecil.

Jokowi mengatakan masih ada rangkaian acara malam ini. Ia mengaku masih akan menerima tamu negara. Setelah itu, Jokowi akan bertemu dengan para relawan.

Jokowi dan Ma'ruf resmi menjabat sebagai presiden-wakil presiden usai dilantik di Sidang MPR, sore tadi. Mereka berdua akan menjadi pimpinan pemerintahan periode 2019-2024. Prosesi pelantikan dipimpin oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Acara pelantikan dihadiri sejumlah tokoh nasional di antaranya, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hingga mantan lawan Jokowi di Pilpres 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

[Gambas:Video CNN]

Kemudian, setidaknya 17 perwakilan negara lain juga hadir menyaksikan pengambilan sumpah Jokowi-Ma'ruf sebagai presiden-wakil presiden. Mereka sempat bertemu dengan Jokowi terlebih dahulu di Istana Merdeka sebelum menuju ke lokasi pelantikan.


Rencananya, Jokowi akan mengumumkan menteri-menteri yang akan membantunya menjalankan roda pemerintahan pada Senin (21/10). Dia menyebut ada sekitar 16 menteri yang berasal dari kalangan partai politik.

"Ya kurang lebih (menteri dari partai politik 16 orang). Saya belum ngitung. Kurang lebih," kata Jokowi (fra)