Jokowi Akan Bertemu dengan Relawan Usai Dilantik

CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 19:01 WIB
Jokowi Akan Bertemu dengan Relawan Usai Dilantik Ilustrasi relawan Jokowi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan menggelar pertemuan dengan perwakilan relawan pada malam ini, Minggu (20/10). Ini akan menjadi pertemuan perdana setelah Jokowi resmi dilantik kembali menjadi Presiden Indonesia untuk masa bakti 2019-2024.

"Malam hari ini saya menerima beberapa wakil presiden, mungkin nanti sampai jam 21.00. Nanti ada pertemuan dengan relawan dan ada pertemuan dengan yang lain," ucap Jokowi kepada awak media di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (20/10).


Jokowi mengatakan pertemuan dengan relawan kemungkinan akan dilangsungkan selepas pukul 21.00 WIB nanti. Sebab, ia masih harus menerima sejumlah perwakilan negara sahabat di Istana Merdeka mulai pukul 19.00 WIB.


Kendati begitu, Jokowi enggan merinci di mana pertemuan dengan relawan akan dilangsungkan. Ia juga enggan mengungkap pertemuan lain yang sudah direncanakannya, apakah dengan perwakilan partai politik atau tidak.

Sementara terkait relawan, setidaknya satu per satu rombongan relawan Jokowi-Ma'ruf telah memadati kawasan Monumen Nasional, Jakarta, sejak sore tadi. Kehadiran mereka diketahui untuk memeriahkan pelantikan presiden dan wakil presiden.

Jokowi dan Ma'ruf Amin resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden setelah dilantik oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Keduanya akan memimpin Indonesia untuk periode 2019-2024.

[Gambas:Video CNN]

Acara pelantikan dihadiri sejumlah tokoh nasional di antaranya Presiden Indonesia keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Presiden Indonesia kelima Megawati Soekarnoputri, Mantan Presiden Jusuf Kalla, serta sejumlah tokoh nasional lain.

Rival Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019 lalu juga hadir. Mereka adalah Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf juga dihadiri oleh 17 perwakilan negara lain. Mereka juga sempat bertemu dengan Jokowi terlebih dahulu di Istana Negara sebelum menuju ke lokasi pelantikan.

Pada laga Pemilu 2019, Jokowi-Ma'ruf diusung oleh PDIP, PKB, PPP, Hanura, Golkar, NasDem, PKPI, PSI, Perindo, dan PBB. Jokowi-Ma'ruf mengalahkan pasangan Prabowo-Sandi yang diusung oleh Gerindra, PKS, PAN, Demokrat, Berkarya.


Jokowi-Ma'ruf meraih 85.607.362 suara atau 55,5 persen suara sah. Sementara Prabowo-Sandi meraih 68.650.239 suara atau 45,5 persen. (uli)