Jokowi Sebut Pelantikan Menteri Pekan Depan

CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 19:13 WIB
Jokowi Sebut Pelantikan Menteri Pekan Depan Presiden Joko Widodo. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo mengatakan pelantikan menteri terpilih di kabinet baru bisa dilangsungkan pada pekan depan. 

Menurut rencananya, Jokowi akan mengumumkan sekaligus mengenalkan nama-nama tokoh yang masuk ke dalam kabinet baru pada Senin (21/10) pagi. Namun, ia masih enggan membagi rencana pelantikan para calon menteri itu. 

"Pokoknya besok kita akan kenalkan dulu menteri yang telah kita pilih. Setelah dikenalkan, lalu dilantik. Dikenalkan pagi, setelah itu dilantik, tapi bisa Senin, Selasa, atau Rabu," kata Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (20/10). 
Lebih lanjut, ia kembali menekankan bahwa susunan kabinet sudah rampung sepenuhnya. "Kabinet sudah menyesuaikan pada situasi saat ini," imbuhnya. 


Dari susunan kabinet baru, ia sempat memberi beberapa bocoran. Pertama, setidaknya ada kurang lebih 16 jabatan menteri yang diisi dari kalangan partai politik. 

Kedua, kalangan profesional juga akan mewarnai kabinet baru. Ketiga, calon pembantu yang ditunjuk berasal dari beberapa menteri petahana.
[Gambas:Video CNN]
Keempat, porsi menteri wajah baru akan lebih banyak ketimbang yang sudah menjabat di Kabinet Kerja. "Wajah baru besok pagi, pagi-pagi saya kenalkan wajah-wajah baru," celetuknya. 

Selain itu, ia turut menyatakan bakal ada kementerian/lembaga/badan baru. "Perubahan nomenklatur sudah ada, sing sabar semuanya," tuturnya. 

Jokowi dan Ma'ruf Amin resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden setelah dilantik oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Keduanya akan memimpin Indonesia untuk periode 2019-2024.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa," kata Jokowi mengucapkan sumpahnya di Gedung DPR/MPR. 

Acara pelantikan dihadiri sejumlah tokoh nasional di antaranya Presiden Indonesia keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Presiden Indonesia kelima Megawati Soekarnoputri, Mantan Presiden Jusuf Kalla, serta sejumlah tokoh nasional lain.

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf juga dihadiri oleh 17 perwakilan negara lain. Mereka juga sempat bertemu dengan Jokowi terlebih dahulu di Istana Negara sebelum menuju ke lokasi pelantikan.
(uli/ugo)