Terima Wapres Tiga Negara, Ma'ruf Bahas SDM Hingga Investasi

CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 23:40 WIB
Terima Wapres Tiga Negara, Ma'ruf Bahas SDM Hingga Investasi Wapres Ma'ruf Amin terima kunjungan wapres tiga negara sahabat. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin langsung menerima kunjungan kehormatan wapres dari tiga negara tetangga yakni China, Vietnam, dan Myanmar usai dilantik, Minggu (20/10) malam. Dalam kunjungan tersebut, Ma'ruf menerima ucapan selamat dan membahas kerja sama di berbagai bidang.

"Mereka ingin berkenalan sekaligus menyampaikan salam dari pemerintahnya. Dan yang penting meningkatkan kerja sama persahabatan di bidang pendidikan, sumber daya manusia, dan investasi," ujar Ma'ruf usai menerima kunjungan.

Untuk China sendiri, kata Ma'ruf, pemerintah berupaya memperkuat kerja sama khususnya di bidang pendidikan formal maupun vokasi. Hal itu juga telah disampaikan dalam pidato pelantikan Presiden Joko Widodo yang ingin memperbesar investasi, memprioritaskan sumber daya manusia, dan meneruskan pembangunan infrastruktur.

Ma'ruf menuturkan, kunjungan kehormatan ini merupakan kali pertama dirinya bekerja usai dilantik sebagai wapres. Ia sebelumnya juga telah berdiskusi dengan mantan wapres Jusuf Kalla membahas sejumlah tugas yang belum rampung.

"Ya saya langsung menerima tamu. Pak JK kan sudah sampaikan ada beberapa hal yang di-carry over ke saya juga, misalnya penanggulangan kemiskinan, reformasi birokrasi, kesehatan, stunting, lain-lain," katanya.

[Gambas:Video CNN]
Jokowi dan Ma'ruf resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden setelah dilantik oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Keduanya akan memimpin Indonesia untuk periode 2019-2024.

Acara pelantikan dihadiri sejumlah tokoh nasional di antaranya Presiden Indonesia keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Presiden Indonesia kelima Megawati Soekarnoputri, Mantan Presiden Jusuf Kalla, serta sejumlah tokoh nasional lain.

Rival Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, juga hadir dalam gelaran ini.

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf juga dihadiri oleh 17 perwakilan negara lain. Mereka juga sempat bertemu dengan Jokowi terlebih dahulu di Istana Negara sebelum menuju ke lokasi pelantikan.




(psp/arh)