Sertijab Wapres, Ma'ruf Harap PNS Kerja Layaknya Dipimpin JK

CNN Indonesia | Senin, 21/10/2019 09:33 WIB
Sertijab Wapres, Ma'ruf Harap PNS Kerja Layaknya Dipimpin JK Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta PNS di Istana Wakil Presiden menganggap Jusuf Kalla ada disampingnya agar tetap merasa bekerja seperti biasanya(ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta para staf dan aparatur sipil negara (ASN) yang selama ini membantu menganggap Jusuf Kalla (JK) selalu berada di sebelahnya. Dengan beranggapan seperti itu, menurut Ma'ruf, para staf akan merasa seperti bekerja dengan JK.

Ma'ruf mengatakan itu saat serah terima memori jabatan di Istana Wakil Presiden, Jakarta, hari ini Senin (21/10). Ma'ruf Amin mulai berkantor di Istana Wapres menggantikan JK pada hari ini.

"Kepada seluruh staf dan ASN atau PNS yang selama ini bekerja dengan baik membantu Pak JK, saya harap kerja yang telah diberikan ketika dipimpin Pak JK juga diberikan ke saya. Anggap saja di sebelah saya ada Pak JK sehingga rasanya seperti bekerja dengan Pak JK," ujar Ma'ruf.


Ma'ruf juga meminta para staf wapres mau saling membantu dan bekerja sama agar dapat melanjutkan pekerjaan yang selama ini telah dilakukan JK.

Dia mengatakan hanya menggantikan JK sebagai wapres. Ia sendiri mengaku bangga dapat menggantikan JK sebagai pendahulunya. Sebagai santri, ia diajarkan untuk menghargai pendahulunya.

"Pak JK bukan hanya lebih dulu tapi juga menorehkan prestasi luar biasa sebagai wapres. Beliau dua kali jadi wapres, makanya gambarnya di sini ditaruhnya dua," katanya.

Ma'ruf juga menyampaikan permohonan maaf karena menghadiri acara serah terima itu dengan pakaian jas lengkap. Pasalnya, ia harus segera bertolak untuk menghadiri penobatan kaisar Jepang yang baru.

"Mestinya beliau (JK) yang ke sana. Tapi terlanjur kemarin sudah ditetapkan, dilantik jadi terpaksa dialihkan ke saya," ucap Ma'ruf disambut tawa para staf.

[Gambas:Video CNN]
Ma'ruf menyatakan bakal melanjutkan langkah-langkah yang selama ini telah dilakukan JK. Ia juga akan tetap berkonsultasi dengan JK terkait tugas dan tanggung jawab sebagai wapres.

"Saya ingin mendapatkan bimbingan nasihat, oleh karena itu saya mohon ke Pak JK meski sudah tidak lagi jadi wapres saya akan terus berkonsultasi supaya dapat saran, pendapat dan tugas dengan baik," katanya.

Ma'ruf Amin menggantikan JK sebagai wakil presiden untuk periode 2019-2024. Ma'ruf sudah dilantik bersama Presiden Joko Widodo di Gedung DPR/MPR, Jakarta, pada Minggu kemarin (20/10).

(psp/bmw)