Lima Nama Dipanggil ke Istana, 4 Profesional dan 1 Politikus

CNN Indonesia | Senin, 21/10/2019 12:46 WIB
Lima Nama Dipanggil ke Istana, 4 Profesional dan 1 Politikus Terhitung lima orang mendatangi Istana sampai Senin (21/10) siang, saat publik menanti janji Joko Widodo memperkenalkan wajah baru dalam kabinet pemerintahan. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Terhitung lima orang sudah mendatangi Istana Negara sampai Senin (21/10) siang, saat publik menanti janji Presiden Joko Widodo untuk memperkenalkan wajah baru dalam kabinet pemerintahannya.

Nama-nama yang dipanggil tersebut secara berurutan datang ke Istana, mulai dari Mahfud MD, Christiany Eugenia Tetty Paruntu, Nadiem Makarim, Erick Thohir, dan Wishnutama. Kelimanya kompak mengenakan kemeja putih.

Kemeja putih identik dengan baju yang dikenakan Presiden Joko Widodo dan para menterinya saat pengumuman menteri di jilid I.


Kelima nama yang dipanggil tersebut itu sendiri terdiri dari 4 profesional dan 1 politikus.

Mahfud MD pernah menjabat sebagai mantan Ketua MK. Ia merupakan akademisi yang mafhum tentang kehakiman dan hukum di Indonesia. Di masa lalu Mahfud pernah menjadi politikus PKB, namun kini Mahfud tak terikat partai.

Sementara itu, Nadiem Makarim adalah eks CEO Gojek, perusahaan aplikasi penyedia transportasi berbasis daring yang berkembang besar di Indonesia.

Ia sukses membawa Gojek menjadi perusahaan unicorn dalam beberapa waktu terakhir. Belakangan, Nadiem mengaku sudah mundur dari posisi CEO tersebut.

Selanjutnya, Erick Thohir merupakan pengusaha media di Indonesia. Dia sempat menjadi ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo dan Ma'aruf Amin saat pemilihan presiden 2019 lalu.

Wishnutama juga merupakan pengusaha media di Indonesia. Ia juga berkecimpung untuk menyusun acara Asian Games. Gelaran tersebut dianggap sukses dan menuai pujian dari masyarakat.

Sementara itu, satu-satunya politikus yang dipanggil ke Istana sampai siang ini adalah Tetty Paruntu. Ia merupakan Bupati Minahasa Selatan dari Partai Golkar.

Lima Nama Dipanggil ke Istana, 4 Profesional dan 1 PolitikusBupati Minahasan dari Partai Golkar, Christiany Eugenia Tetty Paruntu. (CNN Indonesia/Yuliyanna Fauzi)
Pemanggilan para tokoh ini menjadi perhatian karena hari ini Joko Widodo berencana mengumumkan nama-nama menteri dalam kabinet jilid II.

[Gambas:Video CNN]
Usai bertemu dengan Jokowi di Istana Negara, Mahfud sempat membocorkan bahwa presiden mengagendakan pelantikan kabinet periode 2019-2024 pada Rabu (23/10).

"Kalau tidak berubah akan dilantik Rabu. Pagi sudah dilantik," kata Mahfud kepada wartawan usai bertemu Jokowi. (ctr/has)