Pemprov DKI Rencanakan Bangun 11 JPO Instagramable

CNN Indonesia | Senin, 21/10/2019 19:33 WIB
Pemprov DKI Rencanakan Bangun 11 JPO Instagramable Pejalan kaki melintas dan berswafoto di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 2 Maret 2019(CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan kembali membangun jembatan penyeberangan orang (JPO) dengan desain futuristik.

JPO yang biasa disebut warga Jakarta sebagai jembatan instagramable itu, rencananya akan dimulai pembangunannya pada 2020. Instagramable adalah istilah yang disematkan ke tempat-tempat menarik yang akan terlihat bagus bila digunakan sebagai latar belakang swafoto guna dibagikan di media sosial seperti Instagram.

"Yang hijau yang sudah perencanaan selesai ini kira-kira ada 11 JPO itu akan kita bangun di 2020," ungkap Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (21/10).


Hari menjelaskan sebenarnya 11 JPO tersebut akan dibangun pada tahun ini. Namun, terdapat sejumlah kendala yang mengakibatkan pembangunannya ditunda.

"Ini memang kita terkendala di APBD itu gagal lelang karena memang tanah itu belum siap dibebaskan," jelas dia.

Lebih lanjut, Hari menerangkan biaya pembangunan 11 JPO tersebut lumayan besar. Menurutnya biaya itu sudah dianggarkan pada APBD 2020.

"Bisa Rp10 miliar. Kalau bicara 11 JPO bisa Rp110 miliar," ujar Hari.

[Gambas:Video CNN]
Selanjutnya Hari menyebut JPO akan dibangun seperti JPO instagramable lainnya yang sudah rampung pada tahun ini.

"Kami tidak ingin JPO kotak-kotak biasa. Jadi ada modelnya yang enak dipandang mata, kemudian dibuat konsep yang berbeda," ujar Hari.

Tiga JPO yang telah terbangun itu adalah JPO Gelora Bung Karno (GBK), JPO Bundaran Senayan, dan JPO Polda Metro Jaya. Tiga JPO instragamable itu berada di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Senayan.

(ani/kid)