Jokowi Dibantu Tim 7 untuk Seleksi Menteri

CNN Indonesia | Selasa, 22/10/2019 15:02 WIB
Jokowi Dibantu Tim 7 untuk Seleksi Menteri Presiden Jokowi. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menunjuk tujuh orang untuk membantunya menyusun kabinet pemerintahan periode 2019-2024.

Diketahui, sejak Senin (21/10) kemarin hingga Selasa (22/10) siang ini, sudah lebih dari 20 orang yang dipanggil Jokowi ke Istana dan mengenakan kemeja putih.

Hal itu dikatakan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin.


"Dalam (penyusunan) kabinet itu Presiden menunjuk beberapa orang membantu tugasnya sehari-hari," kata Bey di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10).

Bey menjelaskan, tujuh orang yang membantu Jokowi itu, yakni Pratikno, Pramono Anung, Moeldoko, Retno Marsudi, Soekardi Rinakit, Ari Dwipayana, dan Alexander Lay. Mereka diberi tugas khusus oleh Jokowi untuk membantunya selama Kabinet belum terbentuk.

"Tidak ada kriteria langsung, diberi tugas selama susun kabinet. Bertugas membantu," kata Bey.

Khusus untuk juru bicara Presiden, Jokowi telah menunjuk Fadjroel Rachman Staf Khusus bidang Komunikasi Kepresidenan.

Sebanyak 23 tokoh mendatangi Istana Kepresidenan mengenakan kemeja putih dan bertemu Jokowi menjelang pengumuman kabinet untuk 2019-2024. Mulai dari kalangan profesional seperti Nadiem Karim, Wishnutama, Erick Thohir, hingga politikus seperti Airlangga Hartarto, Prabowo Subianto, Edhy Prabowo, Syahrul Limpo.

[Gambas:Video CNN] (fra/osc)