Yasonna dan Juliari Siap Mundur dari DPR Jika Jadi Menteri

CNN Indonesia | Selasa, 22/10/2019 20:02 WIB
Yasonna dan Juliari Siap Mundur dari DPR Jika Jadi Menteri Yasonna H. Laoly. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Yasonna H. Laoly menyatakan siap mundur sebagai anggota DPR 2019-2024, jika nanti dilantik menjadi menteri Kabinet Kerja Jilid II Presiden Joko Widodo. Yasonna terpilih sebagai wakil rakyat dari Daerah Pemilihan Sumatera Utara I.

"Konsekuensinya saya harus mundur dari Anggota DPR," kata Yasonna usai bertemu Jokowi, di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/10).

Namun, Yasonna belum mau membocorkan posisi menteri yang dipercaya oleh Jokowi pada periode kedua.


Ia hanya mengatakan, dirinya dan Jokowi sudah berdiskusi tentang beberapa hal, mulai dari dua omnibus law yang harus disahkan, peraturan daerah agar tak bertentangan dengan aturan pusat, sampai masalah keimigrasian.

"Ya pokoknya itu yang saya diskusikan," ujarnya.

Sama seperti Yasonna, Wakil Bendahara Umum PDIP Juliari P Batubara juga mengaku akan mundur sebagai anggota DPR 2019-2024. Juliari maju ke Senayan dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah I.

"Harus mundur dari anggota DPR RI," ujarnya.

Sebelumnya, Juliari mengaku diminta Presiden Jokowi mengurusi bidang sosial di kabinet selanjutnya. Ia tidak menyebut diminta menjadi Menteri Sosial secara gamblang.

Juliari hanya menegaskan baru saja diminta untuk mengurusi soal kemiskinan dan penanganan masyarakat terdampak bencana alam. Bidang-bidang itu selama ini adalah ranah tugas Kementerian Sosial.

"Pada pertemuan tadi khususnya menyangkut beberapa program pengentasan kemiskinan juga bagaimana kita bisa menekan angka kemiskinan dengan program-program unggulan," tuturnya.

[Gambas:Video CNN] (fra/osc)