Polri Ringkus Terduga Teroris JAD di Tiga Provinsi

CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 05:30 WIB
Polri Ringkus Terduga Teroris JAD di Tiga Provinsi Ilustrasi penangkapan terduga teroris. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Jakarta, CNN Indonesia --
Polri kembali meringkus 4 terduga teroris yang diduga terkait Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di tiga lokasi berbeda.

"Kemarin dan sebelumnya [Densus 88] juga sudah melakukan pengembangan pengungkapan terhadap jaringan teroris kepada kelompok JAD yang berada di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Jawa Tengah," jelas Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra di Jakarta, Selasa (22/10).

Rinciannya, di Sumatera Utara polisi diamankan dua terduga teroris berinisial RL dan RP; di Sumatera Barat polisi menangkap satu orang, yakni AO; dan di Jawa Tengah Detasemen Khusus 88 Antiteror/Polri mengamankan satu orang, yaitu HR.


Mereka diamankan dalam rentan waktu pada Jumat (18/10) hingga Sabtu (19/10) atas dugaan melakukan i'dad atau pelatihan mempersiapkan aksi terorisme.

Dalam beberapa pekan belakangan ini, Densus 88 telah mengamankan sejumlah rentetan terduga teroris pasca penusukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto di Pandeglang, Banten.

[Gambas:Video CNN]

Sebelumnya, Densus 88 di sejumlah provinsi mengamankan beberapa orang yang diduga terkait terorisme pasca-insiden penyerangan terhadap Menkopolhukam Wiranto.

Salah satunya, seorang terduga teroris di Lampung berinisial AH (27) yang merupakan bagian dari kelompok JAD Lampung.

AH disebut pernah menyembunyikan SA alias Abu Rara, terduga pelaku penusukan Wiranto.

(fey/arh)