Live Streaming Pengumuman Menteri Kabinet Jokowi

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 07:38 WIB
Live Streaming Pengumuman Menteri Kabinet Jokowi Presiden RI Joko Widodo akan mengumumkan susunan menteri kabinet pada Rabu (23/10). (ADEK BERRY / POOL / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan susunan nama menteri yang mengisi daftar kabinet barunya pada Rabu (23/10) pagi ini. Diperkirakan pengumuman akan berlangsung pukul 08.30 WIB dan live streaming pengumuman menteri kabinet bisa disaksikan pada halaman ini.

Sejak awal pekan, Jokowi sendiri telah memanggil 33 nama ke Istana Negara yang diperkirakan akan menjadi menteri kabinet kerja jilid II. Dari jajaran profesional terdapat nama seperti Erick Thohir, Mahfud MD, Nadiem Makarim, hingga Wishnutama.

Sementara itu partai politik menyumbangkan nama seperti Prabowo Subianto, Yasonna Laoly, Tjahjo Kumolo, Agus Gumiwang, Airlangga Hartarto, serta Jhonny G Plate.


Simak live streaming pengumuman menteri kabinet Jokowi di bawah ini.

[Gambas:Video CNN]

Setelah mengumumkan nama-nama menteri, Jokowi direncanakan langsung melantik kabinet barunya pada pukul 10.30 WIB.

Diperkirakan setidaknya ada empat nomenklatur kementerian yang akan berubah di bawah kepemimpinan Jokowi. Berdasarkan keterangan ketua DPR RI Puan Maharani, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) nantinya akan bernama Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbuddikti), sementara Kementerian Koordinator Bidang Maritim akan berubah menjadi Kemenko Maritim dan Investasi.

Jokowi juga akan membentuk Badan Riset dan Teknologi, serta melebur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dengan Kementerian Pariwisata menjadi Kementerian Ekonomi Kreatif dan Pariwisata.

Juru Bicara Presiden yang baru, Fadjroel Rahman mengatakan Jokowi dibantu tim beranggotakan 7 orang dalam menyusun kabinet. Ketujuh orang itu antara lain, Pratikno, Moeldoko, Pramono Anung, Retno Marsudi, Soekardi Rinakit, Ari Dwipayana, dan Alexander Lay.

Simak live streaming pengumuman dan pelantikan menteri kabinet Jokowi pada halaman ini mulai pukul 07.30 WIB. (vws)