Demokrat Dukung Pemerintah Meski Tak Masuk Kabinet Jokowi

CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 10:01 WIB
Demokrat Dukung Pemerintah Meski Tak Masuk Kabinet Jokowi Wasekjen Demokrat Andi Arief mengatakan pihaknya akan tetap mendukung pemerintahan Presiden Jokowi menyejahterakan masyarakat (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Sekretaris Jendral Partai Demokrat Andi Arief mengaku partainya sempat ditawarkan untuk bergabung ke dalam Kabinet Indonesia Maju oleh pihak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) usai perhelatan Pilpres 2019 lalu.

Hal itu ia utarakan dalam akun twitter miliknya, @AndiArief__

"Pak Jokowi sangat ulet--langsung atau via pembantunya mengajak Partai Demokrat bergabung di pemerintahan usai Pilpres 2019," kicau Andi Arief, Rabu (22/10).


Meski demikian, Andi menyebut ajakan Demokrat bergabung itu belum bisa direalisasikan Jokowi saat ini. Jokowi telah mengumumkan nama-nama menteri dalam pemerintahan yang ia sebut Kabinet Indonesia Maju pada Rabu pagi di kompleks Istana Kepresidenan.

Tak ada satu pun menteri yang berasal dari Demokrat dari 35 nama yang diumumkan Jokowi untuk dilantik hari ini juga.

"Partai Demokrat memahami jika ajakan Pak Jokowi belum bisa diperjuangkan sendiri oleh Pak Jokowi sendiri saat ini. Sukses buat kabinet baru," lanjut Andi.

Meski kader Demokrat tak ditarik jadi menteri Jokowi, Andi menegaskan parpolnya tetap mendukung pemerintahan selama lima tahun kedepan.

"Demokrat tetap dukung pemerintahan," kata dia.


Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas mengaku pihaknya menyerahkan secara penuh kepada Jokowi sebagai pemilik hak prerogatif untuk menentukan para menteri yang mengisi kabinet mengisi kabinet.

[Gambas:Video CNN]
Demokrat, kata Ibas, tak dapat menilai lebih lanjut dan hanya sekadar memberikan apresiasi terhadap para menteri-menteri yang nantinya akan dipilih Jokowi.

Sementara itu, 35 nama yang telah diumumkan jadi pembantu Jokowi di Kabinet Indonesia Maju pada Rabu pagi langsung mengikuti proses pelantikan pada siang harinya.

(rzr/kid)